Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Teknologi Pengamatan

Tugas Pokok

Melaksanakan penelitian dan pengembangan instrumentasi pengamatan, basis data antariksa serta pemanfaatannya, dan penyiapan bahan pelaksanaan dan kerjasama teknis di bidangnya.

Fungsi

A. Penyebaran Informasi Hasil Penelitian

Dalam Penyebaran Informasi Penelitian, Bidang Teknologi Pengamat Dirgantara, melalui kelompok Teknologi Informasi, memiliki beberapa sarana/fasilitas yaitu :

  1. Jaringan LAN dan Server Farm LAPAN BANDUNG.
    Jaringan Internetwork berbasis fiber optik untuk melayani akses internet dan intranet seluruh ruang di LAPAN Bandung, dilengkapi dengan konstelasi Server-Server (Web, Email dan FTP) yang up-to-date guna menghasilkan back-bone infrastruktur yang sanggup melayani lalu lintas data riset penelitian.
  2. Infrastuktur Bank Data.
    Terdiri atas Network File System dan Online data archieving, dengan kapasitas penyimpanan file multi Terabytes, dan peak-data transfer hingga Gigabit per detik. Infrastruktur ini juga dilengkapi dengan koneksi transfer data via satelit dimana perolehan data riset dilakukan near-realtime. 
  3. ICT Laboratory and Capacity Building.
    Laboratorium ini men-support program penelitian terkait dengan perkembangan ICT untuk menunjang kegiatan bidang. Aplikasi ICT terkini di bidang Data Cloud Computing dan Internet Security telah dikembangkan.   

B. Peningkatan kualitas perolehan data penelitian

Dalam Pelaksanaan Peningkatan kualitas perolehan Data, Bidang Teknologi Pengamatan Dirgantara, memiliki Laboratorium Elektronika, Instrumentasi dan Mekanik, juga Laboratorium Lapangan di Loka Pengamatan Tanjungsari. Dalam kegiatan ini Kelompok Laboratorium memiliki sarana yaitu :

  1. Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi. 
    Memiliki infrastruktur Laboratorium dilengkapi dengan instrumentasi pengukuran untuk radio dan antena. Dalam kegiatannya, laboratorium telah menghasilkan beberapa sistem upgrade dan perbaikan untuk Radar HF (ionosonde) dan sistem Radio komunikasi. Juga telah dikembangkan sistem Radar VHF dengan penerapan teknologi tepat guna bekerja sama dengan beberapa instansi riset Luar Negeri.
  2. Laboratorium Software Engineering.
    Laboratorium ini merupakan penunjang kegiatan Laboratorium Basis Data dan Instrumentasi. Dalam laboratorium ini dikembangkan aplikasi perangkat lunak yang terintegrasi dengan sistem hardware untuk aplikasi penyimpanan dan pemrosesan data secara otomatis.

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL