Peneliti Pussainsa Memberikan Layanan Edukasi Melalui Seminar Online
By ferdhiansyah.noor@lapan.go.id, 14 Oct 2020

Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN, Dyah Rahayu Martiningrum, M.Si menjadi  narasumber dalam memberikan layanan edukasi kepada mahasiswa dan umum pada kegiatan Seminar Online dengan tema Sains Atmosfer, Antariksa, Satelit Untuk Kebermanfaatan Bangsa.

 

Kegiatan seminar diadakan Rabu, 14 Oktober 2020 secara daring menggunakan zoom cloud meeting oleh Prodi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Pada kesempatan itu, sambutan dari ITERA oleh Bapak Dr. Moedji Raharto, Kepala Program Studi SAP ITERA.

 

Selanjutnya paparan pertama oleh Peneliti Pussainsa dengan judul ”Riset Ionosfer dan Manfaatnya”. Dyah menjelaskan tentang fakta terkait lapisan ionosfer, riset lapisan ionosfer dan manfaat hasil riset ionosfer tersebut. Manfaat hasil ionosfer yang dikembangkan di Pussainsa adalah SWIFtS (Space Weather Information and Forecast Services) yaitu tentang layanan prediksi cuaca antariksa harian.

 

Selanjutnya pemaparan materi oleh Ir. Mujtahid, M.T. sebagai Kepala Pusat Teknologi Satelit dimana dijelaskan tentang Satelit, dan juga roadmap pengembangan Satelit LAPAN. Setelah paparan selesai dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab dipandu oleh moderator.

 

Humas Pussainsa : Christine/Sucipto

Dokumentasi         : Humas