Pelaksanaan Tes SKB di LAPAN Bandung Tahun Anggaran 2019
By ferdhiansyah.noor@lapan.go.id, 15 Sep 2020

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional melaksanakan Tes  Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk Calon CPNS di LAPAN, dan salah satu pelaksanaannya diadakan di Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN Bandung pada tanggal 14 September 2020. Jumlah peserta yang sudah lolos tes CAT SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) sebanyak 75 peserta pada tes SKB yang diadakan oleh BKN. Lokasi ujian SKB ini  tidak harus berdasar pada domisili sesuai KTP.

Sambutan dan pembukaan pada pelaksanaan Tes SKB LAPAN kali ini dilakukan oleh Sekretaris Utama LAPAN  Prof. Dr Ir. Erna  Adiningsih, M.Sc secara daring melalui zoom meeting,  yang mana beliau menghimbau kepada seluruh peserta Tes  SKB CPNS dapat mematuhi hal -hal  yang sudah disampaikan sebelumnya dan  mengikuti peraturan protokol kesehatan.

Selanjutnya Tim dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan tata tertib pelaksanaan tes SKB CPNS LAPAN tahun 2019.  “Harap dipatuhi, agar kegiatan tes  SKB CPNS berjalan dengan lancar dan baik, dan selamat mengerjakan,” papar  Sigit Prastomo dari BKN.   

Sebelum melakukan  Tes SKB para CPNS  harus   melewati beberapa peraturan yang sudah ditentukan oleh Panitia.  Sesuai Surat Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : B/611/M.S<.01.00/2020 tanggal 16 Juli 2020 Perihal Perencanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun  2019, maka pelaksanaan SKB harus memperhatikan pedoman protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian  COVID 19  termasuk meminimalisir  pergerakan peserta SKB, yang melaksanakan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 berbasis CAT secara mandiri di  Kantor LAPAN Bandung.

Panitia Seleksi Tes CPNS LAPAN melaksanakan tugas  dengan memperhatikan protokol kesehatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan mulai registrasi,  pemberian PIN dan face shield peserta pada pukul 06.30 – 08.00 WIB. Peserta lalu menitipkan barang, pemeriksaan body screening, dan peserta masuk ruang isolasi. Pada pukul 08.00 – 08.30 WIB pemindahan peserta dari ruang isolasi ke ruang ujian dan pelaksanaan ujian SKB pada 08.30-10.00 WIB.

Untuk mencegah penularan Covid 19, panitia seleksi Tes SKB Pussainsa  LAPAN Bandung melakukan penyemprotan tempat ruangan tes, membersihkan laptop  dan mensterilkan ruangan  disetiap akhir tes. Ada 3 sesi pasa Tes SKB hari ini. Penyemprotan dilakukan oleh petugas yang sudah ditunjuk dengan menggunakan Pakaian APD (Alat Pelindung Diri), masker, sarung tangan dan peralatan yang dipergunakan sesuai protocol kesehatan.

Humas Pussainsa : Sucipto/Christine

Dok : Humas