Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Ketertarikan Meninjau Sistem Informasi Penelitian di Pussainsa LAPAN
News Writter : • Photographers : • 17 Nov 2020 • Read : 69 x ,

Sebanyak 4 orang staf Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) datang berkunjung ke Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN pada hari Selasa, 17 November 2020. Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan benchmark sistem informasi penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) yang dimiliki LAPAN.

Kunjungan diterima oleh Adi Witono, M.Si sebagai Koordinator Bidang Program dan Fasilitas Pussainsa. Ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya, sebelumnya kunjungan dilakukan pada tahun 2019, untuk memahami tentang media majalah dan SDM yang ada di Pussainsa. Penerimaan kunjungan pada masa pandemi covid-19 berbeda dari tahun lalu sudah diterapkan protokol kesehatan. Tamu yang datang wajib membawa surat keterangan sehat dan bukti hasil pemeriksaan rapid test yang menyatakan non-reaktif. Selain itu tamu dan penerima harus memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Rosmaniar Dini dari Kemenristek/BRIN menyampaikan terima kasih karena telah diterima   walaupun disaat pandemi covid-19, tentu dengan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai peraturan yang telah ada.

 “Tujuan kunjungan kami ini untuk mengetahui terkait berbagai sistem yang dimiliki LAPAN, mengetahui SOP dan layanan yang dimilik  Pussainsa LAPAN. Selain itu kami ingin belajar lebih banyak dari LAPAN, karena saat ini Kemenristekdikti sudah dilebur, dan sudah pisah sehingga  pegawai yang menangani  teknologi informasi pindah ke instansi/Dinas Pendidikan asal,  sehingga kami perlu belajar sistem dan pembenahan  lagi, mengingat rencana tahun depan akan bergabung menjadi BRIN, “ ungkap Rosmaniar.

Koordinator Bidang Administrasi kemudian menjelaskan  tentang  Sumber Daya Manusia (SDM), Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg), Jabatan fungsional yang dimiliki LAPAN,  sistem pengelolaan keuangan, Standar Opersional Prosedur (SOP), pengelolaan penggajian seluruh pegawai yang akan terpusat di LAPAN Pusat pada tahun 2021 dan membangun sistem informasi lainnya yang dibuat Pussainsa untuk mendukung kegiatan dan kelancaran tugas    serta  menyampaikan tentang sistem tata naskah dinas elektronik (e-takah).

Selanjutnya Koordinator Bidang Program dan Fasilitas memaparkan tentang Rencana Strategis Pussainsa LAPAN tahun 2020-2024 dan menyampaikan sistem  informasi  yang sudah berjalan di LAPAN Bandung yaitu sistem pelaporan pusat terkait keuangan Smart Kemenkeu, Siforen monev LAPAN dan Layanan Informasi Cuaca Antariksa yang disebut SWIFtS (Space Weather Information and Forecast Services)

Selanjutnya diadakan diskusi terkait bagaimana pembangunan sistemnya sehingga semua berjalan dengan baik. Selesai diskusi tamu diajak mengunjungi media center SPICA (Sistem Pemantauan Informasi dan Cuaca Antariksa) di mana di dalamnya kita bisa melihat layanan sistem informasi SWIFtS dipandu oleh Pranata Komputer dan didampingi Tim Humas dan PPID Pussainsa. 

 

Tim Humas : Sucipto/Ferdhie/Christine

Doc : Humas








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL