Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Terjalinnya Kerja Sama Melalui FGD Observatorium Nasional Timau
News Writter : • Photographers : • 13 Nov 2020 • Read : 109 x ,

Kegiatan FGD Observatorium Nasional dilanjutkan kembali pada hari Kamis (12/11/2020). Kegiatan dibuka oleh pembawa acara dan langsung dilanjutkan dengan penyampaian resume kegiatan hari pertama oleh Moderator, yaitu Ir. Timbul Manik, M.Eng.

 

Selanjutnya paparan tentang wawasan pengelolaan observatorium oleh Dr. Mikio Kurita dari Kyoto University dan Dr. Puji Irawati dari NARIT (National Astronomical Research Institute of Thailand). Acara kemudian dilanjutkan perumusan kerangka acuan kerjasama operasional dan pemanfaatan Observatorium Nasional oleh Dr. Rhorom Priyatikanto dari Pusat Sains Antariksa LAPAN.

 

Setelah paparan dilakukan diskusi dan tanya jawab terkait pengembangan, dukungan dan pemanfaatan Observatorium Nasional Timau untuk ke depannya. Moderator memandu jalannya tanya jawab dan diskusi. Kalangan Akademisi dari ITB, Observatorium Bosscha, Jaringan Observatorium dan Planetarium Indonesia (JOPI) juga turut menanggapi. Kepala BP4D Kabupaten Kupang juga memberikan tanggapan pada diskusi ini dan sejumlah peserta lainnya.

 

 

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan resume oleh Moderator dan penutupan oleh Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Ir. Halimurrahman, MT. “Terima kasih kepada semua peserta yang hadir, semua yang support, LAPAN mengapresiasi dan kepada mitra dari rekan-rekan ITB dan juga Undana dan rekan-rekan yang lain pemerhati sains antariksa.  Kita perlu melanjutkan action yang telah didiskusikan, harapannya Observatorium Nasional menjadi riset maju di tahun 2030, dan berbagai kebijakan yang perlu ditindaklanjuti, perlu pokja lebih detail dan lebih spesifik, “ papar Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer.

Humas & dokumentasi  : Christine/Sucipto








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL