Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


TIM SPACECAT INDONESIA RAIH DUA GELAR DI KOMPETISI KIBO RPC
News Writter : • Photographers : • 19 Oct 2020 • Read : 159 x ,

Kibo Robot Programming Challenge (Kibo-RPC) adalah program edukasi untuk menyelesaikan beberapa tantangan dengan menggunakan robot melayang (yaitu Astrobee dan Int-Ball) di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station – ISS). Program ini dipandu oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) bekerja sama dengan National Aeronautics and Space Administration (NASA). Secara spesifik, JAXA akan melaksanakan kompetisi pemograman yang melibatkan robot Astrobee dan Int-Ball dalam Japanese Experiment Modul (JEM) yang dikenal dengan “Kibo”. Tahap penyisihan untuk Kibo-RPC sudah dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Tim yang terpilih untuk mewakili Indonesia dalam final. Hasil dari Preliminary Round adalah Tim Spacecat dari Universitas Gadjah Mada yang beranggotakan 3 orang ini berhasil mewakili Negara Indonesia untuk final di internasional.

 (Taut: http://pussainsa.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2020/911/Pusat-Sains-Antariksa-Menyelenggarakan-Preliminary-Round-KIBO-RPC/berita-kegiatan ).

Acara The 1st Kibo-Robot Programming Challenge “The Final Round” dilaksanakan oleh JAXA di Tsukuba Space Center pada tanggal 10 Oktober 2020 lalu. Acara disiarkan secara langsung di akun YouTube  Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA)  dimulai pukul 16.40 JST atau 14.40 WIB. Tujuh tim pada final ini yaitu won-SpaceY (Thailand), Spacecat (Indonesia), 999-IN-SPACE (UAE), Hypernova (Japan), Taipei Fuhsing Robotics Omega (Taiwan), GalenVEX (Australia), Moonmen Group (Singapore).

Naoko Yamazaki yang merupakan seorang astronot JAXA bertindak sebagai pemandu acara The 1st Kibo-Robot Programming Challenge “The Final Round”. Acara ini juga dihadiri oleh Profesor dari Department of Aeronautics & Astronautics, School of Engineering, University of Tokyo, Shinichi Nakasuka selaku advisor dan commentator, komentator lainnya adalah Kimiya Yui seorang astronot JAXA dan asisten komentator dari Department of Aeronautics & Astronautics, School of Engineering, University of Tokyo, Yuto Yanagida. Acara dimulai dengan welcome speech dari Prof. Shinichi Nakasuka. Dilanjutkan dengan video message oleh Jose V. Benavides, SPHERES/Astrobee Facility Project Manager, Intelligent Systems Division, NASA Ames Research Center.

Pada Final Round (Onboard), alur gamenya sebagai berikut: tim diwajibkan membuat program yang memindahkan Astrobee dari posisi awal ke titik sasaran dengan menghindari rintangan dan mengarahkan laser ke titik sasaran. Skor tersebut dihitung dari akurasi laser yang menunjuk ke titik target/sasaran. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 1. Memindahkan Astrobee dari posisi awal ke P3 melalui P1 dan P2 dalam koordinat absolut sistem dengan membaca kode QR, yang berisi informasi tentang P3, menggunakan kamera Astrobee. 2. Memindahkan Astrobee ke P3 berdasarkan informasi yang diperoleh di P1 dan P2, kemudian menemukan "Target Point" sebagai titik kebocoran udara dengan kamera Astrobee. Lalu, mendekati target dari P3 dan menghentikan Astrobee pada jarak yang sesuai dari titik target menggunakan tag AR target. 3. Menggunakan algoritma pemrosesan gambar untuk menerangi pusat titik target dengan laser penunjuk dari Astrobee. Langkah ini diperlukan untuk memperhitungkan offset antara kamera Astrobee dan laser penunjuk. Program ini sudah diinstall terlebih dahulu pada Astrobee di ISS.

Kemampuan pemrograman dan matematika sangat diperlukan untuk menyelesaikan kompetisi ini. Tantangan yang dihadapi para finalis adalah kondisi sesungguhnya di ISS yang tidak dapat diduga, karena selama ini program aplikasi yang dibuat hanya disimulasikan dalam simulator yang dibuat semirip mungkin dengan kondisi ISS. Maka program aplikasi yang dinamis dan dapat mengatasi semua kondisi yang mungkin terjadi menjadi penentu kemenangan peserta kompetisi. Final round Kibo Robot Programming Challenge ini bisa disaksikan pada link berikut https://www.youtube.com/watch?v=UhTz_ukm1cE

Dengan demikian, tim Spacecat Indonesia meraih Penghargaan Best Achievement Onboard dan Juara 3 (Tiga) pada kompetisi ini.

Humas Pussainsa : Christine/Sucipto/Ferdhie

Dokumentasi : Tim KIBO RPC








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL