Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Evaluasi Perkembangan Litbangjirap Pusat Sains Antariksa Hari ke-2
News Writter : • Photographers : • 27 Jul 2020 • Read : 103 x ,

Pussainsa LAPAN melanjutkan kembali kegiatan Evaluasi Perkembangan Litbangjirap pada hari kedua, Jumat 24 Juli 2020. Kali ini ada 11 judul  kegiatan penelitian di Pussainsa dan dimulai pukul 09.00.  Kegiatan pertama disampaikan oleh Koordinator Penelitian Pussainsa  Prof. Dr.Buldan Muslim, tentang kegiatan Pengembangan Metode Penentuan Posisi dan TEC Presisi menggunakan Uncombined Precise Point Positioning. Selanjutnya Asnawi, M.Sc tentang Pemetaan Ionosfer Regional Indonesia dengan format IONEX; Pengembangan Metode Pemetaan Indeks Gangguan Ionosfer untuk Navigasi Berbasis Satelit oleh Dyah R M,M.Si; Pemodelan Ancaman  Ionosfer  untuk SBAS disampaikan oleh Slamet Supriadi, M Si; Analisisis Gangguan Ionosfer berdasarkan pengamatan  gelombang  VLF dan LF oleh Ir. Timbul Manik, M Eng; dan tentang Analisis Dosis Radiasi Dalam Penerbangan oleh Drs. A. Gunawan Admiranto. Selesai pemaparan dilanjutkan diskusi/tanya jawab.

Pada sesi siang dilanjutkan paparan dari M. Dio Danarianto dari Balai Pengelola Observatorium Nasional (BPON) Kupang  tentang  Pembangunan sistem Robotik  teleskop 50 cm di BPON Kupang, sekilas dijelaskan bahwa  satu teleskop   terpasang di kantor LAPAN Kupang dan akan menjadi bagian dari Observatorium Nasional Timau. Teleskop ini harapkan dapat segera beroperasi dan menghasilkan data ilmiah. 

Masih melanjutkan kegiatan peneliti dari BPON Kupang tentang Site Testing lokasi Observatorium Nasional oleh M. Bayu Saputra, S.Si; Otomatisasi  frf Geomagnet  disampaikan oleh Cucu E.H, A.Md ; Optimasi Data  Magnetometer  Satelit LAPAN A3/A4 disampaikan oleh Laode Musafar K, M.Si; dan Pengembangan Informasi  untuk kebutuhan Layanan  Informasi (ICAO, Android, Upgrade  storage) disampaikan oleh Ahmad Zulfiana, M.Sc.

Selesai pemaparan dilanjutkan diskusi/tanya jawab dan ditutup oleh Koordinator Penelitian serta kegiatan dilanjutkan tanggal 27 Juli 2020.

Humas Pussainsa : Sucipto/Christine/Ferdhie

Dokumentasi : Humas








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL