Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains Antariksa Menyelenggarakan Preliminary Round KIBO-RPC
Penulis Berita : • Fotografer : • 13 Jun 2020 • Dibaca : 175 x ,

Pusat Sains Antariksa menyelenggarakan KIBO Robot Programming Challenge pada 13 Juni 2020 di ruang Korona Gedung Pusat Sains Antariksa. Fitri Nuraeni sebagai koordinator kegiatan menyampaikan laporan, yang harus dilakukan secara daring, dikarenakan kondisi wabah Covid 19. Lomba KIBO RPC ini merupakan kompotensi kemampuan sains, teknologi dan perekayasaan dan matematika. Call for participant dibuka pada 11 Oktober 2019, diperpanjang hingga 7 Mei 2020, submit APK 10 Juni 2020, Preliminary round 13 Juni 2020 dan rencana finalnya dilaksanakan pada September 2020, diikuti oleh 7 negara, dan pemenang dari setiap negara menjadi wakil dari negaranya pada final nantinya. Peserta Lomba dalam Preliminary Round ini terdiri dari 17 Tim dan nantinya 1 tim yang terpilih untuk mewakili Indonesia dalam final,

Selanjutnya Kepala Pusat Sains Antariksa Dra. Clara Y.Yatini, M.Sc dalam sambutanya menyampaikan selamat datang kepada peserta yang mengikuti live streaming pada Preliminary round. KIBO RPC ini sendiri modul milik Jepang. Kapussainsa memberi apresiasi kepada peserta dapat membuat program  yang sangat sulit dan ditengah wabah Covid19, dan kepada rekan-rekan penyelenggara dari LAPAN sehingga kegatan ini bisa terlaksana, diharapkan kepada peserta bisa mengikuti lomba ini dengan  penuh semangat   sehiggga bisa juara dan mewakili Indonesia nantinya.

Sebelum memulai lomba diadakan foto bersama terlebih dahulu kepada seluruh peserta kemudian Panita membacakan peraturan untuk dapat dipahami dan ketahui oleh peserta. Selanjutnya hitung mudur dimulai dan memulai menjalankan simulasinya. Panitia memperkenalkan video profil setiap peserta agar saling mengenal antar peserta.

Setelah menunggu proses simulasi akhirnya terlilih 7 tim yang lolos  dan memiliki score tertinggi  yakni 1. Space Cat; 2. Sudo Finish; 3. Tigau; 4. MR CAN; 5 JWAMAGER 555; 6. Orion; 7. Robo Mech. Dan akhirnya Space Cat berhasil dengan nilai tertinggi dan berhak mewakili  Negara Indonesia dalam final.

Kepala Pussainsa menutup kegiatan Preliminary Round dan memberi ucapan selamat kepada Space Cat. “Kepada seluruh peserta agar jangan putus asa, masih ada kesempatan di lain waktu dan untuk Space Cat agar bisa mempersiapkan diri dalam final nanti, “ucapnya.

 

Penulis : Ferdhie/Christine/Sucipto

Dok  : Tim Humas

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL