Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Ketertarikan Siswa SMA Pesantren Unggul Al Bayan Putri Sukabumi Belajar Keantariksaan di LAPAN Bandung
News Writter : • Photographers : • 14 Feb 2020 • Read : 58 x ,

Bandung (13/2/2020). SMA Pesantren Unggul Al Bayan Putri Sukabumi melengkapi kunjungan siswa selama 3 hari berturut-turut setelah SMA Katolik Mater Dei Pamulang 1 Tangerang dan SMAN 1 Cibadak Sukabumi. Kamis, 13 Februari 2020, hadir 65 siswi kelas XII didampingi 4 guru pembimbing mengunjungi Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN Bandung.

Berkumpul di tempat yang penuh berkah, demikian disampaikan oleh ibu Yuli Yuliani S.Si, perwakilan dari sekolah sekaligus sebagai guru Bimbingan dan Konseling (BK). Kunjungan ini bertujuan untuk bimbingan karir para siswi secara langsung yang memberi kesan yang berbeda jika hanya sekadar membaca. Acara dibuka oleh Christine Widianingrum S.Pd. selaku Humas Pussainsa. Dalam sambutannya Ibu Yuli juga mengucapkan terima kasih telah diterima dengan baik, juga kepada pimpinan LAPAN, pengurus humas, PPID, serta semua siswi.

Dari Pussainsa, Nurkhamdani S.IP, MM yang mewakili Kepala Pussainsa menyebutkan dalam sambutannya bahwa tugas pokok LAPAN adalah di bidang keantariksaan. Diciptakannya langit dan bumi atas kekuasaanNya, sehingga memberi berkah pada manusia yang mempelajarinya. Bidang astronomi yang dikuasai oleh para peneliti LAPAN digunakan untuk menentukan 1 Syawal/Ramadhan, penentuan kapan gerhana matahari, dan lain-lain.

Setelah dilakukan penyerahan cinderamata berupa hasil penelitian dan pengembangan (litbang) LAPAN, acara dilanjutkan pemaparan profil LAPAN oleh Sucipto S.A.B mulai dari lokasi kantor pusat LAPAN, kronologi terbentuknya LAPAN, hingga peluncuran roket seri RX dan satelit LAPAN. Sebagai penutup disebutkan kegiatan yang dilakukan Pussainsa seperti diseminasi, bimtek, kegiatan rutin dan tidak rutin hingga kegiatan Festival Sains Antariksa.

Pemaparan materi yang menjadi pokok utama membahas Matahari dan Cuaca Antariksa yang disampaikan oleh Ayu Dyah Pangestu S.Si mulai dari pengenalan Tata Surya, mengapa Pluto tidak dikategorikan planet, hingga perbandingan Matahari dengan planet lain, aktivitas matahari seperti sunspot, flare, CME dan pengaruh aktivitas Matahari.

Pada sesi tanya-jawab, pertanyaan yang muncul seputar bagaimana sosialisasi hasil penelitian LAPAN sampai ke pesisir, teleskop Hubble, apakah LAPAN melakukan pengamatan exoplanet, hingga kemungkinan bagaimana lapangan kerja ke depan di bidang penerbangan dan keantariksaan. Semua pertanyaan dijawab dengan baik dan diterima oleh para siswi. Dikarenakan cuaca yang tidak mendukung untuk pengamatan matahari dengan teleskop maka acara ditutup setelah foto bersama.

 Penulis : Iyus,/Sucipto/Christine/Ferdhie

Dokumentasi :   Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL