Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Siswa SMAN 1 Cibadak Sukabumi Belajar Ilmu tentang Cuaca Antariksa di Pusat Sains Antariksa LAPAN
News Writter : • Photographers : • 13 Feb 2020 • Read : 53 x ,

Bandung (12/2/2020). Pada hari ini, Rabu, 12 Februari 2020 siswa SMAN 1 Cibadak Sukabumi mengunjungi Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN-Bandung untuk ketiga kalinya. Mereka terdiri dari 101 siswa dan 6 guru pembimbing termasuk Wakil Kepala Sekolah, Dr. H Kohar Pradesa M.Si. Acara dibuka oleh Sucipto S.A.B selaku Humas Pussainsa dengan membacakan susunan acara.

Dalam sambutannya Bpk. Kohar yang mewakili SMAN 1 Cibadak Sukabumi mengucapkan terima kasih pada pimpinan LAPAN. Mereka terdiri para siswa IPA kelas X yang membutuhkan informasi tentang LAPAN sebagai lembaga penelitian agar siswa-siswi mendapat pengetahuan tentang sains khususnya sains antariksa. Diharapkan juga nanti siswa dapat  mengikuti jejak alumni dari SMAN 1 Cibadak Sukabumi yang telah bekerja di LAPAN. Tidak lupa beliau juga mempersilakan siswanya yang berminat ke LAPAN serta dipersilakan bertanya sebanyak-banyaknya.

 Nurkhamdani S.IP, MM. yang mewakili Kepala Pusat Sains Antariksa dalam sambutannya menyebutkan pokok-pokok tugas LAPAN dengan 4 kompetensi utamanya yaitu sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, penginderaan jauh, serta kebijakan penerbangan dan antariksa. Di Bandung ada 2 pusat penelitian dan pengembangan di bidang iklim bumi dan cuaca antarika, pembangunan observatorium Kupang, hingga Wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Setelah dilakukan penyerahan cinderamata berupa hasil buku dan majalah penelitian dan pengembangan (litbang) LAPAN, acara dilanjutkan pemaparan profil LAPAN oleh Ferdhiansyah Noor mulai lokasi, dasar terbentuknya LAPAN, hingga pembangunan observatorium di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dikemukakan juga pembuatan pesawat UAV sejenis LSA, LSU, roket seri RX serta zona potensi penangkapan ikan (ZPPI), perkembangan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti LAPAN yang harus bersaing dengan peneliti dari luar negeri. Selain itu, disebutkan juga kegiatan yang dilakukan Pussainsa terkait Diseminasi, Bimtek, Perjanjian Kerjasama, Festival Sains Antariksa dan layanan penerimaan PKL serta kunjungan.

 Pada acara utama, pemaparan materi tentang Matahari dan Cuaca Antariksa disampaikan oleh Dr. Johan Muhammad M.Si mulai cara melihat, struktur, fenomena, ukuran, emisi, CME, matahari aktif, filter Bumi, dampak astronot, pembangunan teleskop besar di Kupang, hingga penelitian sains antariksa yang dilakukan oleh LAPAN.

 Pengetahuan Matahari sebagian besar sudah diajarkan pada siswa ditambah pemaparan tentang matahari lebih jelas sehingga terjadi banyak pertanyaan pada acara tanya-jawab. Untuk membatasi waktu dijawab beberapa pertanyaan saja, diantaranya kecepatan planet mengelilingi Matahari, apakah gerhana periodik, apakah energi Matahari bisa menurun, keakuratan prediksi gerhana matahari, serta pertanyaan hubungan LAPAN dengan NASA dijawab dengan baik. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

 Penulis : Iyus,/Sucipto/Christine/Ferdhie

Dokumentasi :  Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL