Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SMK Al-Madani Garut Menimba Ilmu dan Wawasan di LAPAN Bandung
Penulis Berita : • Fotografer : • 27 Nov 2019 • Dibaca : 125 x ,

Bandung, (26/11/2019). Ada sedikit perbedaan kunjungan tamu kali ini, siswa dan guru pembimbing SMK Al Madani Garut selain menimba ilmu di LAPAN Bandung, mereka juga berharap kemungkinan bekerja LAPAN. Dikatakan LAPAN terbuka untuk umum jika berminat bekerja di LAPAN, dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Pada hari Selasa , 26 November 2019 SMK Al Madani Garut membawa 60 orang siswa dan 3 orang guru pembimbing serta Kepala Sekolah. Mereka berasal dari kelas X dan kelas XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Setelah susunan acara dibacakan oleh Sucipto dari tim Humas Pusat Sains Antariksa (Pussainsa), mulai sambutan hingga kunjungan ke teleskop dan ruang ASTINA milik Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA). Diawali perwakilan dari SMK Al Madani, Ai Adhayani S.T. yang menyatakan ucapan terima kasih pada kunjungannya pertama kali di LAPAN Bandung dengan tujuan memperluas pengetahuan tentang antariksa, mengenal lingkungan di LAPAN, serta ingin memotivasi siswa menyambung pelajaran di sekolah. Sedangkan dari LAPAN Bandung diwakili Nurkhamdani S.IP,MM yang mengucapkan terima kasih telah berkunjung ke Pussainsa dan PSTA, di mana para siswa dapat melihat perangkat pengamatan atmosfer dan antariksa yang berhubungan dengan fisika seperti di sekolah.

Pemaparan profil LAPAN diterangkan oleh Christine Widianingrum, S.Pd dari Humas Pussainsa Bandung, mulai alamat LAPAN, kronologi pembentukan LAPAN, Undang-Undang Keantariksaan, kedudukan LAPAN, tupoksi LAPAN, penginderaan jauh, riset dan teknologi satelit diselingi simulasi pertanyaan tentang satelit milik LAPAN. Diterangkan juga visi dan misi LAPAN, benda jatuh antariksa, layanan diseminasi Pussainsa sepeti kegiatan seperti Manajemen Frekuensi dan Teknik Komunikasi Radio (MFTKR), Festival Sains Antariksa (FSA) hingga Forum Group Discussion (FGD) Geomagnet.

Pemaparan utama disampaikan oleh Nani Cholianawati S.T tentang Lingkungan Atmosfer. Pada sesi tanya jawab beberapa siswa menanyakan tentang kompetensi dengan jurusan RPL, daya tahan satelit, serta pertanyaan dasar tentang kapan didirikannya LAPAN.

Di akhir acara, setelah foto bersama, mereka diajak untuk melakukan pengamatan matahari di atas lantai III gedung Pussainsa dan kunjungan ke ruang ASTINA.

 

Penulis: Iyus/Christine/Ferdhie

Dok: Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL