Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


KERAMAIAN ASTRONOMY DAY IN SCHOOLS 2019 DI KUPANG, NTT
Penulis Berita : • Fotografer : • 15 Nov 2019 • Dibaca : 183 x ,

Dalam rangka memperingati Astronomy Day in Schools di tahun 2019, Pusat Sains Antariksa LAPAN bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana melaksanakan kegiatan mengunjungi sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi NTT. Adapun sekolah-sekolah tersebut ialah SMA Kristen Pandhega Jaya, SMPN 4 Kupang Tengah, dan SDN Oepunu. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut terhitung tanggal 12 sampai dengan 14 November 2019.

Acara Astronomy Day in Schools merupakan inisiatif dari International Astronomical Union/IAU, yaitu organisasi persatuan ahli astronomi internasional, yang berupaya untuk mendorong para ahli astronomi memperkenalkan ilmu astronomi kepada masyarakat, khususnya siswa-siswa sekolah. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa untuk mengenal dan mempelajari ilmu astronomi, sekaligus mengenal secara langsung orang-orang yang menjadi pegiat ilmu astronomi dalam kehidupan nyata.

Kegiatan Astronomy Day in Schools diawali di SMA Kristen Pandhega Jaya pada hari selasa, 12 November 2019 pukul 14.30-16.00 WITA. Pemateri dalam kegiatan ini ialah peneliti dari Pusat Sains Antariksa, M. Dio Danarianto. Pada kesempatan itu, hadir 54 siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS. Penyampaian materi yang dikemas dengan menarik membuat para siswa aktif saat sesi tanya jawab. Selain penyampaian materi, para siswa pun difasilitasi untuk melihat matahari dengan menggunakan kacamata Matahari dan mengamat Matahari mempergunakan teleskop, dipandu oleh M. Bayu Saputra, Mulya Diana Murti, keduanya dari Pusat Sains Antariksa, dan Aidy F. Liukae dari Universitas Nusa Cendana.

Pada hari berikutnya, kegiatan dilaksanakan di SMPN 4 Kupang Tengah, pada hari Rabu, 13 November 2019 pukul 09.40-12.00 WITA. Pemateri dalam kegiatan ini ialah Muhammad Bayu Saputra dengan dihadiri 32 siswa kelas IX. Selain penyampain materi, kali ini siswa diajak untuk melakukan kegiatan “hand on activity” dengan membuat model planet sesuai skala menggunakan plastisin. Dalam kegiatan ini, siswa sangat antusias dan menikmati. Selain penyampaian materi, para siswa pun difasilitasi untuk melihat matahari dengan menggunakan kacamata Matahari dan pengamatan teleskop yang dipandu oleh Aidy F. Liukae.

Kegiatan Astronomy Day in Schools terakhir dilaksanakan di SDN Oepunu Kupang Tengah pada hari Kamis, 14 November 2019 pukul 09.40-12.00 WITA. Pemateri dalam kegiatan ini ialah Futikhatun Rohmah dengan dihadiri 36 siswa kelas 6. Selain penyampain materi, kali ini siswa diajak untuk menggunakan peta bintang serta menjawab kuis berhadiah makanan ringan. Dalam kegiatan ini, siswa sangat antusias dan menikmati. Selain penyampaian materi, para siswa pun difasilitasi untuk melihat Matahari dengan menggunakan kacamata Matahari dan teleskop dipandu oleh Aidy F. Liukae. Seluruh siswa dari kelas I-V diberi kesempatan untuk melihat Matahari juga menggunakan kacamata dan teleskop, dipandu oleh Saptari Rachman, M. Bayu Saputra, Aidy F. Liukae, Mulya Diana Murti dan Eri Anggaraeni.

 

Penulis berita: Saptari Rahman/ Christine./ferdhie

Dokumentasi: Tim Pussainsa di Tilong.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL