Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Sosialisasi Repositori Ilmiah Nasional di lingkungan Kedeputian Sains Antariksa dan Atmosfer
Penulis Berita : • Fotografer : • 12 Nov 2019 • Dibaca : 136 x ,

Bandung (12/11). Para pejabat struktural dan Peneliti serta Pengelola Perpustakaan dari Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) dan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) hadir di ruang Matahari Pussainsa untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Repositori Ilmiah Nasional (RIN) pada Selasa, 12 November 2019. Kegiatan sosialisasi ini dikoordinasikan oleh Biro Kerjasama, Humas dan Umum (KSHU) LAPAN dengan mengambil narasumber dari Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) LIPI.

Pembukaan secara resmi oleh Kepala PSTA, Halimurahman yang menyampaikan bahwa seluruh kegiatan penelitian harus diarsipkan menurut Undang Undang Kearsipan. Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan para Peneliti bisa menyimak dengan seksama dan dapat melakukan pengarsipan data dengan baik melalui Repositori Ilmiah Nasional.

LIPI menyampaikan tentang penjelasan mengenai kebijakan dan manajemen data. Abdul Rachman Prasetyadi mengatakan, pengelolaan RIN berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Wahyu Ari Nugroho dari LIPI menyampaikan paparannya tentang pengertian RIN yaitu sarana untuk menyimpan, melestarikan dan menjamin ketersediaan akses terhadap data penelitian. Dijelaskan juga perbedaan RIN dengan repository lainnya, jenis data penelitian, bagaimana penting dan keuntungannya menyimpan data.

Kemudian dilanjutkan paparan tentang Manajemen Data Penelitian oleh Abdurrakhman Prasetyadi dengan menampilan website Repositori Ilmiah Nasional dan menjelaskan cara penyimpanan berkas atau data soffilenya.

Setelah paparan selesai, para Peneliti mengajukan pertanyaan seputar materi tersebut dimoderatori oleh Andriani Agustina dari Biro KSHU LAPAN.  Di akhir acara, LIPI menyampaikan inisiasi kerja sama dengan LAPAN untuk menindaklanjuti implementasi pengelolaan RIN dan akan dilakukan bimbingan teknis oleh LIPI kepada para peneliti LAPAN.

 

Humas : Christine/Sucipto/Ferdhie

Dok : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL