Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SMK Perguruan Cikini Jakarta Berkunjung ke Pusat Sains Antariksa LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 06 Nov 2019 • Dibaca : 154 x ,

Bandung (5/11/19). Selasa, 5 November 2019 Pussainsa LAPAN dikunjungi oleh siswa SMK Perguruan Cikini Jakarta. Sebanyak 104 siswa dan 4 guru pembimbing mengikuti pengarahan dari Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN.

Pembukaan acara dimulai pukul 08.40 oleh Sucipto S.A.B dari Humas Pussainsa dengan memaparkan susunan acara, selanjutnya dilanjutkan kata sambutan dari perwakilan SMK Perguruan Cikini Jakarta yang diwakili oleh Bp Suheli,S.Pd, mengatakan  terima kasih atas sambutan dan penerimaan siswa kami, semoga  para siswa dapat menyimak lebih baik tentang teknologi yang ada di LAPAN.

Sambutan dari Kepala Bidang Diseminasi, Belajar tidak hanya disekolah saja ,tetapi ilmu yang  dipelajari bisa didapat dari luar sekolah,  mengikuti kemajuan teknologi yang berkembang saat ini. Siswa diharapkan   perlu inovasi  dengan kemajuan teknologi seperti saat ini jangan sampai ketinggalan. Semoga siswa sepulang dari kunjungan ini dapat menambah dan membawa ilmu yang bermanfaat.

Acara dilanjutkan pemaparan profil LAPAN oleh M.Ferdiansyah. Noor sebagai Pejabat Pengelola iformasi dan Dokumentasi (PPID), dimulai kronologis terbentuknya LAPAN hingga Undang-Undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan. Kedudukan LAPAN berada di bawah Presiden dan bertanggungjawab kepada Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, dengan 4 kompetensi utama LAPAN, yaitu sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, penginderaan jauh, dan kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. Dijelaskan juga tentang contoh-contoh yang dihasilkan LAPAN. Dikemukakan juga saat ini sudah mendapatkan sertifikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan sedang menuju proses mendapatkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pemaparan yang utama dikemukakan oleh M. Faisal S.Kom yang menyebutkan Sistem Informasi (SI) dikelola di Pussainsa, yaitu pussainsa.sains.lapan.go.id, swifts.sains.lapan.go.id, orbit.sains.lapan.go.id, bimasakti.sains.lapan.go.id. Diterangkan juga arsitektur jaringan seperti transfer, topologi LAPAN Bandung, dan jaringan ruang server.

Beberapa siswa dan guru pembimbing mengajukan pertanyaan di dalam maupun di luar lingkup pemaparan seperti komunikasi astronot di angkasa, syarat kerja di LAPAN, nuklir, bumi datar, dan benda jatuh antariksa. 

Acara ditutup dengan melakukan foto bersama  dan selanjutnya para siswa diajak untuk melihat pengamatan matahari melalui teleskop yang terletak di Lt.4 gedung Pussainsa.

 

Penulis : Iyus/sucipto/Christine/Ferdhie

Dok : Haries

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL