Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Kunjungan Industri SMK Wira Buana 2 Bogor di Pusat Sains Antariksa LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 15 Oct 2019 • Dibaca : 287 x ,

Bandung (15/10/19) Hari ini, Selasa, 15 Oktober 2019 Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN Bandung dikunjungi oleh SMK Wira Buana 2 Bogor dalam rangka kunjungan industri mereka. Sebanyak 33 orang siswa hadir beserta 2 guru pembimbing dan 1 guru Bagian Bimbingan Konseling (B.K).

Acara didahului sambutan dari perwakilan SMK Wira Buana 2 Bogor, Ika Setiawan S.Kom yang mengucapkan terima kasih atas penerimaan kunjungan mereka serta mohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan. “Siswa kami berasal dari kelas XI Teknik Komputer Jaringan dan belajar tentang ilmu komputer. Hal yang disampaikan pada kunjungan industri ke LAPAN ini akan tercatat di perpustakaan SMK Wira Buana 2 Bogor sebagai dokumentasi dan arsip kami,”papar guru pembimbing tersebut.

Sambutan dari perwakilan LAPAN disampaikan oleh Dr. Emanuel Sungging Mumpuni M.Si sebagai Kepala Bidang Diseminasi. Sungging mengatakan bahwa selain di Bandung untuk bidang sains, LAPAN ada juga yang berlokasi di Bogor dan Tangerang untuk teknologi. Tugas dan fungsi LAPAN tercantum dalam logo LAPAN yang berbentuk seperti roket dengan 4 kompetensi utama: sains antariksa dan atmosfer, penginderaan jauh, teknologi penerbangan dan antarika, dan kebijakan penerbangan dan antariksa.

“Dengan memanfaatkan IT atau teknologi informasi melalui internet kita dapat mengetahui badai matahari yang akan mempengaruhi Bumi. Para siswa nanti dapat melihat fasilitas Pussainsa LAPAN yang mendukung hal tersebut, juga dipersilakan jika ada siswa SMK Wira Buana 2 Bogor yang akan melakukan kerja praktek di LAPAN, “ucap Sungging.

Setelah dilakukan penyerahan cenderamata, acara dilanjutkan pemaparan profil LAPAN oleh Ferdhiansyah, sebagai PPID. Siswa diajak untuk mengikuti / follow IG pussainsa. Ferdhiansyah menyampaikan sekilas tentang profil LAPAN yaitu visi, misi, hasil litbang LAPAN secara singkat. Dijelaskan juga tentang pembangunan Observatorium Nasional di Timau, NTT yang teleskopnya berdiameter 3.8 m yang lebih besar dibanding telskop di Observatorium Bosscha di Lembang.

Disebutkan juga pelayanan LAPAN untuk Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) yang memudahkan nelayan untuk tinggal menangkap ikan saja melalui peta lokasi ZPPI dan keberhasilan pesawat UAV yang terbang dengan jarak 400 km (Santolo-Bantul) untuk kepentingan militer.

Sebelum dilakukan foto bersama, para siswa diajak untuk melihat pengamatan matahari melalui teleskop yang terletak di Lt.4 gedung Pussainsa sambil tanya-jawab dua arah. Pertanyaan yang muncul seputar satelit, matahari, garis orbit, dan pengiriman data ke Bumi.

 

Humas Pussainsa : Iyus/Christine/Sucipto/Ferdhie

Dok : Haries

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL