Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains Antariksa Berkolaborasi dengan UPI Memperingati Pekan Antariksa Dunia tahun 2019
Penulis Berita : • Fotografer : • 11 Oct 2019 • Dibaca : 182 x ,

Bandung.(10/10/2019) Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN Bandung untuk yang kesekian kalinya ikut  berperan aktif  menampilkan  Planetarium Mini pada  kegiatan    memperingati World Space Week tahun 2019  atau sering disebut Pekan Antariksa Dunia yang diperingati setiap tanggal 4 -10 Oktober 2019 setiap tahunnya.

Pekan Antariksa Dunia merupakan perayaan sains dan teknologi serta kontribusinya terhadap kemajuan peradaban manusia, dan setiap tanggal 4-10 Oktober ditetapkan sebagai kegiatan perayaan, yang secara resmi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa pada tanggal 6 Desember tahun 1999.

Alasan tanggal ini dipilih adalah untuk memperingati diluncurkannya Sputnik 1, satelit pertama buatan manusia yang diluncurkan ke orbit Bumi pada tanggal 4 Oktober 1957. Sementara itu, tanggal 10 Oktober dipilih karena merupakan tanggal dimana Traktat Luar Angkasa ditandatangani  tahun 1967.

Planetarium Mini LAPAN menjadi salah satu layanan edukasi sains antariksa yang menarik pada kegiatan ini. Planetarium Mini dan Ular tangga antariksa digelar mulai tanggal  7-10 Oktober 2019  di area sebelah Museum Pendidikan UPI. Planetarium  Mini  dibuka untuk  mahasiswa, pelajar, guru  dan kalangan   umum  mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB di Museum UPI Bandung.  Kolaborasi antara UPI dan Pussainsa LAPAN ini baru pertama kali dilakukan dan diharapkan dapat berlangsung untuk berbagai kegiatan lainnya dalam memperkenalkan sains antariksa di masa mendatang.

Para pengunjung baik dari TK, SMP dan kalangan umum berdatangan karena ingin menyaksikan film di dalam Planetarium Mini. Sambil menunggu beberapa siswa juga bermain ular tangga antariksa tepat disamping Planetarium Mini. Selama 4 hari edukasi Planetarium Mini sangat diminati terutama bagi kalangan pelajar yang sangat antusias saat memasuki Planetarium mini dan melihat film antariksa yang ditayangkan.

Film yang diputarkan sangat menarik yaitu tentang sejarah astronomi dan alam semesta. “Harapannya para pengunjung yang datang bisa menambah ilmu tentang sains antariksa dan mengetahui apa itu astronomi, “papar M. Zamzam, Peneliti dari Pussainsa.

 

Humas Pussainsa : Sucipto/Christine/Ferdhie

Dok : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL