Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Ketertarikan Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Muhamadiyah Surakarta Terhadap Produk LAPAN Tampak Pada Kunjungannya di Pussainsa Bandung
Penulis Berita : • Fotografer : • 11 Sep 2019 • Dibaca : 65 x ,

Bandung (11/09/2019). Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN kali ini dikunjungi oleh mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu (11/09/2019). Pada pukul 09.00 mereka diterima oleh Tim Diseminasi dan Humas Pussainsa. Diawali kata pengantar dari dosen pembimbing, dilanjutkan sambutan dari Pussainsa yang diwakili oleh Bpk. Nurkhamdani, S.IP, MM selaku Kepala Bagian Administrasi.

Beliau menyambut baik dosen pembimbing dan mahasiswa tersebut. Kemudian menyebutkan beberapa produk dan hasil litbang LAPAN juga rencana pembangunan  Observatorium Nasional di Kupang, NTT. Disampaikan juga bahwa salah satu tugas LAPAN adalah melayani kunjungan dan tanpa dipungut biaya sehingga jika ada kekurangan mohon disampaikan.

Selanjutnya pemaparan profil LAPAN berisi visi LAPAN, Undang Undang Nomor 13 tahun 2013 tentang keantariksaan, kedudukan LAPAN, dan hasil litbang LAPAN oleh Sucipto, S.AB selaku Humas Pussainsa LAPAN.

Setelah dilakukan pemberian cenderamata berupa buku dan hasil litbang Pussainsa, mahasiswa diberikan pertanyaan seputar LAPAN untuk mengenal lebih dekat dengan LAPAN. Dari beberapa pertanyaan, mereka dapat menjawabnya dan rupanya mereka sudah mengenal sedikit tentang LAPAN.

Selanjutnya paparan dari Muhammad. Faizal Eko, Analis Pemanfaatan Teknologi dari Pussainsa tentang Sistem Informasi dan Jaringan di Pussainsa LAPAN yaitu website pussainsa : pussainsa.lapan.go.id, terkait sitem prediksi cuaca antariksa : swifts.sains.lapan.go.id, terkait benda jatuh antariksa : orbit.sains.lapan.go.id, dan terkait server : bimasakti.sains.lapan.go.id. Selain itu juga diberikan informasi tentang arsitektur jaringan di LAPAN yaitu jaringan transfer data, topologi jaringan, dan ruang server.

Beberapa pertanyaan yang muncul adalah produk yang dihasilkan LAPAN seperti: penentuan zona penangkapan ikan, manfaat dan keberadaan satelit di antariksa, orbit satelit, gangguan pada satelit serta keamanannya. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pengamatan matahari di lantai atas gedung dipandu oleh Tim Teknik Litkayasa Pussainsa.

Penulis: Iyus/Christine/Ferdhie

Dok: Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL