Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains Antariksa hadiri 2nd International Conference on Documentation and Information
Penulis Berita : • Fotografer : • 08 Aug 2019 • Dibaca : 91 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang diwakili oleh Pustakawan Pusat Sains Antariksa berkesempatan hadir pada kegiatan “2nd International Conference on Documentation and Information : Library Transformation in Big Data Management”  (ICDI) yaitu Konferensi Internasional dan Lokakarya Manajemen Data Penelitian yang diselenggarakan Pusat Data dan Dokumentasi Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDDI-LIPI) pada 06 hingga 07 Agustus 2019 di Auditorium Utama Sasana Widya Sarwono (SWS)  lantai 2 LIPI.

ICDI 2019 menghadirkan beberapa pembicara dari Leiden University, Humboldt University of Berlin, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, dan juga para dosen, peneliti dan pustakawan dari berbagai perguruan tinggi dan instansi/lembaga.

Kegiatan ini bertujuan agar pegiat perpustakaan dapat lebih mengenal lagi mengenai komunikasi informasi perpustakaan, belajar mengenai peran Pustakawan baik di masyarakat umum maupun di lingkungan lembaga/instasi penelitian, hingga belajar bagaimana membangun kepercayaan peneliti kepada perpustakaan, yaitu sebagai wadah/tempat mempublikasikan hasil penelitian mereka. 

Selain itu, melalui kegiatan ini Pustakawan dapat belajar untuk bertransformasi dalam menerapkan peran mereka yaitu bukan lagi sebagai penjaga informasi (bahan pustaka) namun sebagai penjaga akses informasi yang mumpuni, yaitu dapat memberikan akses seluas-luasnya bagi pengguna perpustakaan.

Pada kegiatan ini, Dr. Hendrik E. Niemeijer, Country Director MAIS & Independent Cultural Consultant, Co-Promotor in Faculty of Humanity, Leiden University, berkesempatan menjadi pembicara pertama yaitu menyampaikan materi mengenai Preserving History and Heritage yaitu transformasi perpustakaan yang mengkaji antara perpustakaan dan arsip dengan menggunakan Sistem Informasi (OAIS) untuk integrasi perpustakaan dan arsip.

Sementara itu Prof. Dr. Michael Seadle dari Berlin School of Library and Information Science, Humboldt University of Berlin berpartisipasi pula sebagai pembicara. Prof. Seadle menyampaikan materinya melalui telekonferensi yaitu mengenai Libraries in the Era of Big Data Management, hingga sejarahwan Simon Carlos Kemper, Ph.D. yang berbicara mengenai Digitazation of Indonesian Notary Records for UGM, Delft and PDA.

 

Dalam ICDI 2019 ada pula beberapa pegiat ilmu perpustakaan yang hadir sebagai pembicara, yaitu Prof. Ida Fajar Priyanto, M.A., Ph. D. dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta hingga Wina Erwina MA.,Ph. D dari Universitas Padjadjaran Bandung.

Selain itu pada ICDI 2019 juga dilakukan peresmian sistem Repositori Ilmiah Nasional (RIN) untuk menyimpan karya ilmiah dan data primer hasil penelitian. RIN berguna sebagai sumber daya untuk reproduksi penelitian dan penggunaan kembali data. (AG)

 

Penulis/ Dok  : Aullya Shabillina








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL