Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


LAPAN Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Menyambut GMC 26 Desember 2019
Penulis Berita : • Fotografer : • 08 Aug 2019 • Dibaca : 378 x ,

(Pekanbaru, 07/08/2019) Bertempat di Gedung Graha Pena milik Harian Riau Pos di Pekanbaru, pada 7 Agustus 2019 diadakan rapat koordinasi kegiatan menyambut Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak. Dalam kegiatan ini, hadir Bupati Siak, Drs. Alfedri, M.Si. beserta jajarannya, Direktur Riau Pos, akademisi dari beberapa universitas di Riau, serta perwakilan asosiasi pariwisata dan komunitas di Pekanbaru dan sekitarnya. Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN, Johan Muhamad, turut juga hadir memberikan penjelasan mengenai peristiwa GMC yang diperkirakan akan terjadi pada 26 Desember 2019. Kegiatan rapat ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan kepada para peserta tentang peristiwa GMC serta membangun kesiapan masyarakat dalam menyambut terjadinya GMC.

Acara dibuka oleh sambutan selamat datang dari Direktur Riau Pos selaku tuan rumah rapat. Selanjutnya, peneliti LAPAN menyampaikan materi mengenai gerhana matahari, penyebab, serta keistimewaan GMC yang akan dapat diamati dari wilayah Kabupaten Siak. Sebagai perwakilan lembaga yang bertanggungjawab di bidang riset keantariksaan, peneliti LAPAN lebih menitikberatkan pada aspek ilmiah peristiwa gerhana, bagaimana cara pengamatan yang aman, serta peran edukasi yang hendaknya disampaikan kepada masyarakat awam terkait peristiwa gerhana. Setelah pemaparan materi dari LAPAN, acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Bupati Siak mengenai persiapan menyambut terjadinya GMC serta kegiatan-kegiatan yang dipersiapkan oleh Kabupaten Siak dalam memeriahkan fenomena GMC. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dari para peserta hingga selesai.

GMC merupakan peristiwa istimewa ketika sebagian besar piringan Matahari tertutup oleh Bulan sehingga sinar Matahari hanya keluar dari tepiannya saja membentuk pola seperti cincin. Pada 26 Desember 2019, diperkirakan akan terjadi GMC yang akan dapat diamati di sebagian wilayah Indonesia, khususnya yang dilewati oleh perpanjangan bayangan inti Bulan (antumbra). Salah satu wilayah yang beruntung tersebut adalah Kabupaten Siak yang akan menjadi lokasi titik the Greatest Eclipse di sepanjang lintasan bayangan Bulan. Pemerintah Kabupaten Siak bermaksud menangkap kesempatan ini dengan mempromosikan pariwisata di wilayahnya dengan mengadakan beberapa event menarik pada 24-26 Desember 2019 berupa festival, panggung hiburan, pemutaran film sains, wisata edukasi, sholat gerhana, tabligh akbar, dan lain-lain.

 

Penulis /dok   : M.Johan

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL