Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SISWA SMK TELKOM JAKARTA PELAJARI TEKNOLOGI JARINGAN DAN TRANSFER DATA DI PUSSAINSA LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 30 Oct 2018 • Dibaca : 344 x ,

Bandung (25/10/2018). Pusat Sains Antariksa hampir setiap bulan menerima kunjungan baik dari SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Animo masyarakat yang tertarik dengan penelitian yang ada LAPAN membuat Pussainsa senantiasa memberikan pelayanan yang prima bagi yang datang. Kali ini siswa dari SMK Telkom Jakarta kelas XI berkunjung ke Pussainsa LAPAN pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 pukul 09.00 WIB dengan jumlah kurang lebih 110 orang beserta dengan guru Pembimbing.

Perwakilan Guru pembimbing dari SMK Telkom Jakarta Ibu Emildawati mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari pihak LAPAN. Melalui kunjungan studi ini diharapkan para siswa bisa mendapat ilmu tentang sains antariksa dan pengetahuan tentang teknologi jaringan dan transfer data untuk hasil pengamatan dari Pussainsa LAPAN.

Kepala Bidang Diseminasi Dr Emanuel Sungging mewakili Kepala Pussainsa menyambut kedatangan para guru dan siswa tersebut. Beliau memperkenalkan tentang LAPAN dan sedikit membahas apa saja hasil penelitian di LAPAN. Mudah-mudahan melalui kunjungan ini para siswa bisa membawa ilmu dan pengetahuan yang lebih lagi dan ke depan bisa bergabung dengan LAPAN.

M.Ferdhiansyah Noor dari tim Diseminasi memberikan presentasi secara singkat tentang profil LAPAN dari lokasi, legalitas, kedudukan LAPAN, sejarah terbentuknya LAPAN, tupoksi, visi, misi dan hasil litbang LAPAN secara umum dan hasil litbang Pussainsa baik terkait hasil prediksi layanan cuaca antariksa yaitu SWIFtS (Space Weather Information and Forecast Services) maupun penelitian benda jatuh antariksa secara singkat. Pussainsa LAPAN juga menyelenggarakan kegiatan seperti diseminasi/bimtek/pelatihan yang rutin setiap tahun dan melayani penerimaan kunjungan serta praktek kerja lapangan (PKL) bagi siswa maupun mahasiswa.

Selanjutnya Peneliti Pussainsa Siti Maryam, ST memaparkan tentang materi “Penerapan Teknologi Informasi di Pusat Sains Antariksa.” Pada pembahasan ini dijelaskan tentang apa saja aplikasi yang digunakan untuk penerapan teknologi informasi baik dari segi jaringan dan transfer data pengamatan yang dilakukan oleh balai-balai LAPAN seperti BPAA Pontianak, BPAA Sumedang, BPAA Pasuruan untuk datanya sampai ke Pussainsa LAPAN Bandung.

Sesi diskusi berjalan dengan baik karena para siswa sangat antusias mendengarkan materi yang telah disampaikan. Setelah sesi diskusi kegiatan diakhiri dengan penutupan dari MC dan foto bersama.

 

 

Humas : Christine/Ferdhie/Jaja

Dokumentasi : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL