Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SDN 079 KOPO PAJAGALAN MEMPELAJARI TATA SURYA SEJAK USIA DINI
News Writter : • Photographers : • 11 Oct 2018 • Read : 214 x ,

Bandung (09/10/2018). Sains antariksa merupakan hal yang sangat menarik untuk dipelajari oleh berbagai kalangan, baik oleh siswa maupun mahasiswa. Demikian juga, SDN 079 Kopo Pajagalan sangat tertarik untuk mempelajarii tentang sains antariksa sejak usia dini. Siswa kelas 5 SD ini melakukan kunjungan studi ke Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN pada hari Selasa, 09 Oktober 2018, yang datang sebanyak hampir 100 siswa dan beberapa guru pembimbing mendampingi kegiatan kunjungan ini.

Guru pembimbing dari SDN 079 Kopo Pajagalan sangat berterimakasih atas penerimaan LAPAN. Beliau menyampaikan arahan bagi siswanya supaya mendengarkan dengan baik paparan dari para pemateri dari LAPAN supaya anak-anak punya bekal ilmu dan wawasan yang luas tentang antariksa dan banyak yang tertarik untuk menjadi peneliti, astronot dan jika sukses bisa bekerja di LAPAN ke depannya.

Kepala Bidang Diseminasi, Dr. Emanuel Sungging mewakili Kepala Pussainsa menyambut kedatangan para guru dan siswa tersebut. Sekilas beliau mengajukan pertanyaan tentang apa arti singkatan dari LAPAN dan juga berharap anak-anak SD ini berani dan mau untuk bertanya tentang materi yang nanti dijelaskan. Mudah-mudahan para generasi muda ini menjadi penerus bangsa, yang ke depannya dapat memajukan antariksa di Indonesia dan mengejar cita-cita setinggi langit.

Tim Humas Christine Widianingrum kemudian memberikan presentasi secara singkat tentang profil LAPAN dari lokasi, visi LAPAN  dan hasil litbang/produk LAPAN secara umum berupa roket, pesawat, satelit, penelitian matahari yang dikemas dengan powerpoint yang cukup menarik sehingga anak-anak tidak bosan. Sekalipun masih kecil tapi antusias siswa SDN 079 Kopo Pajagalan ini tidak kalah dengan orang dewasa. Mereka semangat dan apabila ada pertanyaan yang diberikan, mereka berusaha menjawab meskipun kadang kurang tepat tetapi keberanian siswa SDN 079 Kopo Pajagalan ini patut diacungi jempol.

Selanjutnya Peneliti Pussainsa, Mira Juangsih M.Si memaparkan tentang materi “Ayo Mengenal Tata Surya.” Pada pembahasan ini dijelaskan tentang pengertian tata surya, galaksi, matahari dan manfaatnya, jenis-jenis planet di tata surya, asteroid, meteor, komet, satelit di tata surya dan fenomena gerhana baik gerhana matahari maupun gerhana bulan.

Untuk menambah semangat para siswa Peneliti mengajukan pertanyaan dan memberikan souvenir berupa pin LAPAN bagi yang bisa menjawab atau bertanya. Kemudian setelah presentasi dan penutupan, guru dan siswa SDN 079 Kopo Pajagalan diajak foto bersama di depan dome (kubah) yang berisi teleskop untuk pengamatan langit.

 

 

Humas : Christine/Ferdhie

Dokumentasi : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL