Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SISWA SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA BALI PELAJARI CUACA ANTARIKSA DI PUSSAINSA LAPAN
News Writter : • Photographers : • 02 Oct 2018 • Read : 168 x ,

Bandung (28/09/2018). Siswa dari SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali berkunjung ke Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN pada hari Jumat, 28 September 2018 pukul 13.30 WIB dengan jumlah kurang lebih 140 orang siswa beserta dengan satu guru Pembimbing.

Guru pembimbing dari SMK Penerbangan Cakra Nusantara mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari pihak LAPAN. Melalui kunjungan studi ini diharapkan para siswa tidak hanya mendapat ilmu dari sekolah tetapi dari instansi luar yang dapat bermanfaat bagi pendidikan mereka ke depan.

Kabag Administrasi Nurkhamdani, S.IP mewakili Kepala Pussainsa menyambut kedatangan para guru dan siswa tersebut. Sekilas beliau menjelaskan tentang satuan kerja LAPAN yang ada di Bandung, tugas pokok Pussainsa LAPAN, layanan LAPAN dan pembangunan Observatorium Nasional yang akan dibangun di Kupang. Beliau berharap siswa yang hadir ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan tentang sains antariksa dan dapat mencapai cita-cita mereka.

Christine Widianingrum dari tim Humas memberikan presentasi secara singkat tentang profil LAPAN dari lokasi, legalitas, kedudukan LAPAN, sejarah terbentuknya LAPAN, tupoksi, visi, misi  dan hasil litbang LAPAN secara umum dan hasil litbang Pussainsa baik terkait hasil prediksi layanan cuaca antariksa yaitu SWIFtS (Space Weather Information and Forecast Services) maupun penelitian benda jatuh antariksa secara singkat. Pussainsa LAPAN juga menyelenggarakan kegiatan seperti diseminasi/bimtek/pelatihan, peneriman kunjungan, praktek kerja lapangan (PKL).

Selanjutnya Peneliti Pussainsa, Santi Sulistiani, M.Si memaparkan tentang materi “Cuaca Antariksa.” Pada pembahasan ini dijelaskan tentang penelitian terkait aktivitas matahari, hal-hal yang terjadi di matahari, ukuran matahari, pengaruh dan dampak cuaca antariksa bagi manusia. Beliau juga menjelaskan kegiatan pengamatan sains antariksa yang tersebar di balai-balai LAPAN yang hasil datanya dimanfaatkan untuk prediksi cuaca antariksa pada layanan SWIFtS yang bisa diakses oleh masyarakat/pengguna melalui website http://swifts.sains.lapan.go.id/.

Siswa SMK Penerbangan ini begitu antusias sehingga banyak pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab seputar cuaca antariksa, bintik matahari, flare, aurora dan aktivitas terkait SWIFtS. Setelah penutupan, kunjungan diakhiri dengan foto bersama.

 

 

Humas : Christine/Ferdhie/Jaja

Dokumentasi : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL