Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pusat Sains Antariksa menjadi Koordinator Konsorsium Geomagnet Nasional
News Writter : • Photographers : • 27 Sep 2018 • Read : 235 x ,

Pada 25 September 2018 Pusat Sains Antariksa melakukan kegiatan Focussed Group Discussion (FGD) Geomagnet 2018 di Gedung Serbaguna BMKG. FGD kali ini dilaksanakan dengan bekerjasama antara Pusat Sains Antariksa, LAPAN dengan Pusat Seismologi Teknik, Geofisika dan Tanda Waktu, BMKG. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan menghimpun para pengamat dan pengguna data Geomagnet di seluruh Indonesia. Terdapat 8 Instansi pemerintah dan 7 perwakilan  perguruan tinggi yang hadir dengan total jumlah peserta sebanyak 93 orang. Acara di buka oleh Deputi Geofisika, BMKG yang sangat mendukung kegiatan ini dan berharap agar kedepannya terbentuk suatu komunitas nasional pengamat dan pengguna data geomagnet nasional.

Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, LAPAN, Drs. Afif Budiyono, MT memberikan sambutan yang menyatakan dukungan untuk membentuk suatu komunitas dan katalog data geomagnet nasional. Kedepannya diharapkan dapat memperluas kegiatannya, baik itu berupa kerjasama data maupun penelitian menjadi skala internasional.

Pada sesi pertama disampaikan paparan mengenai Riset Geomagnet dalam Kegiatan Layanan Cuaca Antariksa dari Pusat Sains Antariksa, LAPAN, yang disampaikan oleh peneliti senior geomagnet Anwar Antoso, M.Si. Selanjutnya Subarsyah, M.Si dari BMKG pun menyampaikan mengenai Kalkulator Magnet Bumi yang dilanjutkan dengan pemaparan dari Pusat Survei Geologi (PSG) yaitu Aji Suteja, M.Sc mengenai Pemetaan Geomagnet dalam Eksplorasi Minyak dan Gas. Pemapar terakhir pada sesi pertama adalah Subarsyah, MT dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) yang menyampaikan mengenai Kontribusi Metode Geomagnet dalam Pemenuhan Kebutuhan Energi Nasional.

 Sesi kedua pada siang harinya adalah diskusi panel dengan panelis Kepala Pusat Sains Antariksa, LAPAN Dra. Clara Y. Yatini, M.Sc kemudian Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika dan Tanda Waktu, BMKG Bambang S. Prayitno, M.Si, dari P3GL diwakili oleh Kepala Bidang Afiliasi dan Informasi yaitu Dr. Hadi Wijaya dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram Dr. Akmaluddin. Hasil dari diskusi panel ini adalah dibentuknya suatu wadah bagi para pengamat dan pengguna data geomagnet nasional yang diberi nama Konsorsium Geomagnet Nasional (KOGNAS) dengan koordinator dan sekretariatnya adalah Pusat Sains Antariksa, LAPAN. Pusat Sains Antariksa akan menjadi koordinator KOGNAS selama setahun dan dalam masa setahun ini akan membentuk suatu portal data/katalog data geomagnet nasional dengan kontribusi dari masing-masing instansi anggota. 

 

Penulis : Fitri N

Dokumentasi : Fitri

  








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL