Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SISWA SMK AL-AZHAR KOTA BANJAR BERKUNJUNG KE PUSAT SAINS ANTARIKSA
News Writter : • Photographers : • 03 Sep 2018 • Read : 261 x ,

Bandung (03/09/2018). Siswa SMK AL – AZHAR Kota Banjar berkunjung ke Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN pada hari Senin, 3 September 2018 pukul 10.30 WIB, dengan kehadiran sejumlah 37 siswa  beserta dengan 5  guru pendamping

Tim Humas Pussainsa Jaja Sudrajat memandu kegiatan kunjungan ini dilanjutkan penyampaian tujuan dari Guru Pendamping Bapak Moch. Bagus Insan, A.Md. mewakili Kepala Sekolah SMK AL – Azhar kota Banjar, yaitu dengan bisa hadir di LAPAN, mendapatkan bekal ilmu yang bermanfaat dan berterima kasih atas perkenannya oleh pihak LAPAN. Kedepannya LAPAN diharapkan sukses dan maju.

Kepala Bidang Diseminasi Dr. Emanuel Sungging mewakili Kepala Pusat Sains Antariksa menyambut kedatangan siswa dan Guru pendamping SMK AL-AZHAR. Beliau mengawali pertanyaan kepada siswa kepanjangan apakah dari LAPAN dan menyampaikan harapan agar siswa siswi menanyakaan dan mendapatkan informasi tentang keantariksaan kepada para peneliti, sehingga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. LAPAN juga membuka pintu terkait PKL bimbingan teknik dan segala informasi terkait keantariksaan.

Christine Widianingrum, S.Pd dari tim Humas memberikan presentasi secara singkat tentang profil LAPAN dari lokasi, legalitas, kedudukan LAPAN, sejarah terbentuknya LAPAN, tupoksi, visi, misi  dan hasil litbang LAPAN secara umum dan litbang Pussainsa  secara singkat. Penyampaian kerjasama LAPAN dengan ITB, Pemkab Kupang dan UNDANA tentang pembangunan Observatorium Nasional di Lereng Gunung Timau Kupang juga dijelaskan secara umum. Pussainsa LAPAN juga menyelenggarakan kegiatan seperti diseminasi/bimtek/pelatihan, peneriman kunjungan, praktek kerja lapangan (PKL), dan penyediaan data serta jaringan.

Selanjutnya Peneliti dari Bidang Diseminasi, Visca Wellyanita, M.Si memaparkan tentang “Cuaca Antariksa.” Pada pembahasan ini dijelaskan tentang penelitian terkait aktivitas matahari, peralatan dan fasilitas untuk pengamatan matahari dan benda-benda antariksa lainnya yang  ada di LAPAN. Terkait teknologi jaringan dan transfer data juga dijelaskan oleh Elyyani, S.Si Peneliti dari Pussainsa.

Siswa begitu antusias dan sangat memperhatikan materi yang disampikan karena ini hal yang baru mereka terima dan tidak mereka dapatkan di sekolah. Setelah penutupan, kunjungan diakhiri dengan meninjau media center SPICA (Sistem Pemantauan Informasi dan Cuaca Antariksa) dengan narasumber Mira Juangsih. M.Si

 

Humas : Ferdhie/ Christine /Jaja

Dokumentasi : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL