Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PENELITI PUSAT SAINS ANTARIKSA LAPAN MENDAMPINGI SISWA DARI INDONESIA DALAM KEGIATAN ASIAN TRY ZERO G 2018
21 Feb 2018 • Dibaca : 390 x ,

Kibo-ABC (Asian Beneficial Collaboration through Kibo Utilization) adalah program kerjasama yang diprakarsai oleh Space Environment Utilization Working Group (SEUWG) dalam kerangka APRSAF (Asia Pacific Regional Space Agency Forum), sebuah forum lembaga-lembaga keantariksaan di Asia Pasifik untuk bersama sama memperoleh manfaat dari KIBO, yaitu sebuah modul eksperimen antariksa Jepang yang berada di Stasiun Ruang Angkasa (International Space Station, ISS). Tujuan dibentuknya Kibo-ABC antara lain untuk mempromosikan pemanfaatan Kibo serta meningkatkan kapasitas negara-negara anggota melalui kegiatan-kegiatan yang memanfaatkan Kibo.

Salah satu pemanfaatan KIBO ini adalah program Asian Try Zero G. Program Asian Try zero G ini telah dilaksanakan beberapa kali sejak tahun 2011. Program ini merupakan program edukasi bagi para pelajar, khususnya di wilayah Asia Pasifik untuk mengajukan proposal eksperimen sederhana dan kemudian astronot mendemonstrasikan eksperimen tersebut dalam modul Kibo. Dengan eksperimen tersebut, diharapkan para pelajar dapat lebih memahami hukum-hukum fisika yang berlaku di bumi dan di luar angkasa.

Indonesia dengan LAPAN sebagai lembaga yang bekerjasama dalam penyelenggaraan Asian Try Zero G telah mengikuti kegiatan ini sejak tahun 2016. Pada kegiatan Asian Try Zero G 2018 ini astronot JAXA yang akan melakukan ekperimen dalam KIBO adalah Norishige Kanai.

Proposal eksperimen siswa dari SMAN 1 BATAM, Indonesia berhasil terpilih untuk dilakukan di dalam modul KIBO, International Space Station (ISS). Proposal tersebut berjudul Trajectory of Paper Boomerang. Siswa yang mengajukan proposal tersebut adalah Laurentius Feliks Christmarines kemudian diundang untuk langsung menyaksikan pelaksanaan eksperimen yang diajukannya secara langsung di Mission Control Room, Tsukuba Space Center (TKSC), JAXA di Jepang pada tanggal 13 Februari 2018 didampingi peneliti dari Pusat Sains Antariksa, Fitri Nuraeni, M.Si. Dalam perjalanan menuju ke sana, Laurentius Feliks mendapat arahan, bimbingan dan penjelasan dari Peneliti Pussainsa tentang kondisi di orbit angkasa juga membicarakan percobaan yang akan dilakukan di Jepang.

Asian Try Zero G 2018 ini juga diikuti oleh negara-negara lain anggota KIBO-ABC. Pada tanggal 13 Februari 2018 tersebut berkumpul siswa-siswa dari Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina dan Jepang beserta perwakilan dari lembaga pemerintah masing-masing negara. Selain melihat pelaksanaan eksperimen dari ISS – KIBO secara langsung, para peserta juga dapat melakukan simulasi menjadi astronot atau controller crew, dan melihat-lihat laboratorium robotik dan museum sains JAXA. Turut hadir pula Staf Kedutaan Besar Indonesia pada pelaksanaan eksperimen di monitoring control room.


Penulis : Christine/Fitri Nuraeni








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL