Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PUSAT SAINS ANTARIKSA MENGIKUTI PENILAIAN RISIKO GUNA MENDUKUNG SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH
News Writter : • Photographers : • 16 May 2018 • Read : 59 x ,

Pussainsa(15/05/18) Dalam rangka meminimalisir kemungkinan risiko yang terjadi di Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) maka Kepala Pussainsa, Clara Y. Yatini mengundang para struktural yaitu Kepala Bidang Program dan Fasilitas (Profas), Kepala Bidang Diseminasi, Kepala Bagian Administrasi, perwakilan peneliti dan fungsional serta perwakilan bagian administrasi ikut serta dalam kegiatan Penilaian Risiko dari Tim Inspektorat LAPAN. Kegiatan dilakukan hari Senin-Selasa (14-15 Mei 2018) pukul 09.00 WIB di Ruang Matahari Pussainsa.

Kegiatan pertama-tama dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Nurkhamdani, S.IP mewakili Kepala Pussainsa yang sedang tugas dinas ke luar kota. Kabag Admin menjelaskan tujuan kegiatan Penilaian Risiko yang merupakan salah satu unsur dalam Sistem Pengendalian Intern Pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008. Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi kejadian/risiko yang mengancam tercapainya tujuan instansi pemerintah terutama di Pussainsa LAPAN.

Kemudian Ratih Pratiwi, SH selaku Inspektur LAPAN menjelaskan dengan lebih detail apa itu pengertian risiko, tujuan dan dampak apabila penilaian risiko dilaksanakan di semua satker LAPAN dilanjutkan paparan dari tim Inspektorat.

Kemudian setelah paparan tersebut, para pegawai dibagi menjadi 3 tim sesuai dengan bidang dan bagiannya yaitu Bidang Profas, Bidang Diseminasi dan Bagian Administrasi. Semua bagian/bidang merumuskan risiko-risiko apa saja yang terjadi di bagian/bidang yang akan mengancam tujuan dan sasaran di Pussainsa. Semua tim bekerja dengan penuh semangat dan saling berdiskusi satu dengan yang lainnya.

Kegiatan berlangsung sampai sore hari dan dilanjutkan keesokan harinya dengan berkumpul secara bersama-sama dengan Kapussainsa memeriksa dan memberikan peringkat untuk risiko-risiko yang telah dirumuskan oleh bidang profas, diseminasi dan bagian administrasi didampingi tim Inspektorat.

Setelah selesai berdiskusi dan tanya jawab maka kegiatan ditutup oleh Kabag Administrasi. “Mudah-mudahan melalui kegiatan penilaian risiko ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan Pussainsa semakin maju serta tujuan dan sasaran LAPAN terkait Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dapat dilaksanakan di seluruh satuan kerja LAPAN,” ucapnya.

Humas : Christine/Ferdie
Dokumentasi : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL