Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Sosialisasi Keantariksaan di Kabupaten Minahasa Utara
News Writter : • Photographers : • 13 Apr 2018 • Read : 606 x ,

Minahasa Utara (12/04/18). Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) mengadakan sosialisasi keantariksaan pada hari Kamis (12/04/18) di Desa Likupang Dua, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Peserta pada kegiatan tersebut adalah warga di sekitar lingkungan setempat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Pada rangkaian pembukaan acara, Kepala Pusat Sains Antariksa, Dra. Clara Y. Yatini, M.Sc, menyerahkan citra hasil satelit wilayah Likupang Timur kepada perwakilan desa. Pada citra tersebut dapat dilihat wilayah Likupang Timur dan daerah penangkapan ikan di lingkungan Likupang Dua.

Dalam kegiatan tesebut, turut hadir pula jajaran dari Dinas Lingkungan Hidup. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Thieneke Rarung, S.H. menyampaikan bahwa para nelayan dapat memanfaatkan data hasil penelitian LAPAN untuk memudahkan penangkapan ikan. Selain itu, beliau juga menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap menjaga kebersihan laut karena selain sebagai sumber penghidupan, laut di kawasan Minahasa Utara juga merupakan objek wisata.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Pussainsa yang diawali dengan memperkenalkan kompetensi utama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI). Teknologi ZPPI memanfaatkan data satelit berupa informasi klorofil di daerah perairan dan suhu permukaan laut yang diindentifikasi sebagai tempat berkumpulnya ikan. Hasil  yang diberikan ZPPI tersebut dapat dimanfaatkan oleh nelayan untuk mengetahui posisi (koordinat) potensi keberadaan ikan sehingga memudahkan nelayan melakukan penangkapan ikan. Dengan informasi ZPPI LAPAN, Kepala Pussainsa berharap “nelayan yang pergi melaut tidak mencari ikan, tetapi untuk menangkap ikan”.

Para peserta sangat antusias dan memperhatikan materi dengan seksama serta memberikan beberapa pertanyaan seputar informasi posisi koordinat dan peringatan dini kebencanaan di daerah tersebut. Selain mendengarkan penjelasan, peserta juga diajak untuk melakukan pengamatan matahari dengan alat bantu teleskop yang telah dipersiapkan sebelumnya.

 

Penulis : Sefria/ Christine/Ferdhie








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL