Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PUSSAINSA LAPAN TERIMA SERTIFIKAT ISO 9001:2015
News Writter : • Photographers : • 02 Apr 2018 • Read : 600 x ,

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terkait penelitian di Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) maka Kepala Pussainsa melakukan proses pengajuan ISO 9001:2015 untuk layanan cuaca antariksa yaitu Space Weather Information and Forecast Services (SWIFtS). ISO 9001:2015, sebagai sertifikasi untuk Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System).

Proses pelaksanaan untuk mendapat sertifikasi ISO ini dimulai dari GAP AnalysisTraining Awareness ISO 9001:2015, penyusunan dokumen melalui review prosedur, verifikasi dokumen dan final review dokumen. Kemudian implementasi dilihat dari identifikasi penilaian resiko, pelatihan dan pelaksanaan audit internal serta pelaksananaan tinjauan manajemen dilanjutkan audit eksternal didampingi konsultan sampai akhirnya penerbitan sertifikat.

Untuk kelancaran proses tersebut, maka Pussainsa membentuk suatu tim khusus untuk pengumpulan dokumen yang dibutuhkan. Setelah beberapa bulan dilakukan tahap-tahap sesuai prosedur, akhirnya Pussainsa berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 untuk layanan cuaca antariksa yaitu Space Weather Information and Forecast Services (SWIFtS).

Sigit Yuwono Wachid selaku Direktur PT. Nuansa Baru Abadi Consultant selaku konsultan ISO memberi ucapan selamat dan sukses kepada Pussainsa LAPAN karena telah berhasil mendapatkan sertifikat ISO sekaligus menyerahkan sertifikat tersebut. Sertifikat diserahkan pada hari Senin, 02 April 2018 di Ruang Matahari Pussainsa Lt. 3 kepada Clara Y. Yatini selaku Kepala Pussainsa LAPAN.

Dalam sambutannya, Kapus Pussainsa menyampaikan bahwa, “dengan mendapatkan sertifikat ISO bukan berarti sudah selesai tetapi harus memperbaiki beberapa catatan pada saat audit eksternal. Selain itu kita juga harus mempertahankan sertifikasi ini karena setiap tahun akan ada pemeriksaan berkala apakah layanan SWIFtS sudah sesuai dengan sistem manajemen mutu yang telah ditetapkan. Kita berharap mudah-mudahan dapat terus dipertahankan melalui kerjasama kita semua, ucapnya.”

 

 

Humas : Christine/Ferdhie

Dokumentasi : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL