Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PRESENTASI DESAIN RISET DI LINGKUNGAN PUSAT SAINS ANTARIKSA
News Writter : • Photographers : • 02 Apr 2018 • Read : 512 x ,

Bandung (29/03/2018) Kepala Pusat Sains Antariksa  Dra. Clara Yono Yatini, M.Sc membuka secara resmi kegiatan Presentasi Desain Riset di Lingkungan Pusat Sains Antariksa, Kamis (29/03) di ruang Matahari Lantai 3 Pusat Sains Antariksa. Ibu Clara menghimbau bahwa kegiatan penelitian ini adalah penelitian kita bersama, diharapkan para Peneliti, Perekayasa dan Tek. Litkayasa dapat memberikan masukan untuk peningkatan hasil penelitian di Pussainsa. Diharapkan juga semua mengikuti presentasi yang disampaikan oleh para koordinator agar mengerti apa saja kegiatan penelitian yang ada di Pussainsa.

Kepala Program Penelitian Pussainsa Dr. Buldan Muslim memimpin kegiatan presentasi desain  dengan terlebih dahulu membacakan susunan presentasi kegiatan penelitian. Selanjutnya Timbul Manik menjadi moderator pada sesi 1 terkait kegiatan pelayanan cuaca Antariksa. Presentasi didahului oleh Tiar Dani dengan judul Metode Visualisasi AKtivitas Matahari selama 15 menit dan diteruskan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai materi yang disampaikan.

Kemudian Santi Sulistini dengan judul Prakiraan Flare berdasarkan Klasifikasi Macintosh dan Klasifikasi Hole Daerah Aktif. Kemudian paparan dari Fitri Nuraeni dengan Judul Metoda Prediksi Badai Geomagnet Berdasarkan Karakteristik Angin Surya dan Interaksinya dengan Medan Magnet Bumi. Lalu terkait ionosfer oleh Jiyo dengan judul Pengembangan Metode Prediksi Evaluasi Kondisi  Ionosfer dan Kemasan Informasi untuk SWIFtS. Diakhiri oleh Adi Purwono dengan judul Pengembangan Aplikasi Cuaca Antariksa Berbasis Web dan Ponsel Pintar sebagai penutup presentasi ini.

Setelah istirahat , sholat, makan, Presentasi sesi ke II dilanjutkan dengan moderator Jiyo M.SI dengan Presentasi yang disampaikan oleh Varul Dear, MT dengan judul Aplikasi Hasil Riset Ionosfer pada Bidang Kemaritiman. Dilanjutkan oleh Slamat Supriyadi, M.Si dengan judul Mitigasi Gangguan Ionosfer pada Navigasi Penerbangan. Dan ditutup oleh Dr. Buldan Muslim dengan Judul  pengembangan metode penentuan TEC real time pada penentuan posisi GNSS untuk penentuan parameter gempa bumi dan penguatan peringatan dini tsunami.

Kepala Program Penelitian Pussainsa menutup kegitan Presentasi hari ini dan akan dilanjutkan pada hari senin

 

Penulis  : Ferdhie/Christine

Dokumentasi : Harries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL