Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PUSAT SAINS ANTARIKSA LAPAN ADAKAN PELATIHAN PENGGUNAAAN SKY QUALITY METER (SQM)
News Writter : • Photographers : • 27 Mar 2018 • Read : 687 x ,

Bandung (27/03/2018) Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Dr. Emanuel Sungging Mumpuni mewakili Kepala Pussainsa membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Penggunaan Sky Quality Meter (SQM) di ruang Matahari Pusat Sains Antariksa hari Selasa (27/03). Ucapan terima kasih disampaikan atas kehadiran Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) dan para perwakilan dari BPAA yang hadir. Emanuel menjelaskan bahwa pelatihan ini dilakukan sebagai tindak lanjut  arahan Kepala LAPAN untuk penggunaan alat SQM di setiap balai.

Pelatihan ini  dipandu oleh Bapak Hendro Setyanto dari Imah Noong. Sebelum memulai pelatihan terlebih dahulu diinstalkan aplikasi SQM di laptop para peserta untuk selanjutnya bersama-sama mempelajari aplikasi tersebut dan praktek di luar ruangan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Setelah aplikasi SQM sudah dipasang dilanjutkan dengan paparan  materi SQM. SQM merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur pencahayaan langit malam/kecerahan langit.  Para peserta pun aktif bertanya terkait materi yang telah dipaparkan. Mudah-mudahan melalui pelatihan penggunaan SQM ini dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di balai-balai dan stasiun bumi LAPAN.

 

Penulis : Ferdhie/Christine

Dokumentasi : Harries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL