Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SOSIALISASI AKREDITASI KNAPPP BAGI PUSAT SAINS ANTARIKSA LAPAN
News Writter : • Photographers : • 26 Mar 2018 • Read : 685 x ,

Bandung (26/03/2018). Kepala Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Dra. Clara Yono Yatini,M.Sc memperkenalkan Bapak O.K. Sofyan dari Kementerian Ristek-Dikti kepada seluruh pegawai Pussainsa yang datang di ruang Matahari lantai 3 hari Senin, 26 Maret 2018 pukul 09.00 WIB sebagai narasumber dalam rangka Sosialisasi dan Pembinaan dari Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP). Hal ini dilakukan supaya Pussainsa dapat memperoleh akreditasi dari KNAPPP terkait penelitian dan pengembangan sains antariksa.

Bapak Sofyan menjelaskan maksud, tujuan dan latar belakang dibentuknya KNAPPP yang diantaranya agar ada peningkatan tata kelola riset. Tata kelola yang baik merupakan unsur penting dalam sistem inovasi nasional dan akreditasi merupakan instrument pembinaan dan evaluasi kinerja pranata litbang dalam mendukung tugas Ristek, guna menjalankan tugasnya sebagai koordinator pelaksana kegiatan penelitian.

KNAPPP adalah organisasi non-struktural dalam lingkungan Kemenristekdikti. Keanggotaan KNAPPP terdiri dari wakil-wakil cendikia, peneliti, masyarakat, pemerintah dan pelaku usaha yang jumlah keanggotaannya berimbang dan masa bakti anggotanya tiga tahun.

Tugas KNAPPP adalah memberikan akreditasi kepada pranata litbang yang mengajukan permohonan akreditasi, melakukan kegiatan pemantauan secara berkala terhadap kinerja semua pranata litbang yang sudah diakreditasi dan melakukan peningkatan terhadap semua pranata litbang yang sudah diakreditasi.

Setelah paparan dan penjelasan mengenai KNAPPP tersebut, Bpk. Sofyan juga menjawab beberapa pertanyaan dari para peneliti Pussainsa mengenai paparan materi yang sudah disampaikan.

 

Penulis : Ferdhie/ Cristine

Dokumentasi : Harries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL