Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Siswa SMKN 2 Bekasi Menambah Wawasan Sains antariksa dan Pengelolaan Data di LAPAN BAndung
News Writter : • Photographers : • 13 Mar 2018 • Read : 1107 x ,

Bandung-Pussainsa (8/3/2018). Sebanyak 134 siswa dan siswi SMKN 2 Kota Bekasi berikut 3 guru pembimbing untuk pertama kalinya mengunjungi LAPAN Bandung pada hari Rabu, 7 Maret 2018. Mereka sudah tiba sebelum acara dilaksanakan pukul 09.00 WIB. Selain berkunjung ke Pusat Sains Antariksa (Pussainsa), mereka diperkenalkan pula produk-produk dan tupoksi Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA).

Acara diawali sambutan dari pembawa acara, Jaja Sudrajat. Selanjutnya sambutan dari perwakilan SMKN 2 Bekasi, Bpk. Fathurachman MPd. Beliau mengucapkan terima kasih telah diterima di LAPAN dalam rangka program sekolah khususnya yang hadir saat ini dari kelas XI sebanyak 4 kelas. Diharapkan para siswa mendapat wawasan tentang sains antariksa dan tentang teknik elektro di LAPAN Bandung.

Sambutan dari Pussainsa LAPAN disampaikan oleh Bpk. Adi Witono MSi., Kepala Bidang Program dan Fasilitas sekaligus pemberian cinderamata berupa beberapa buku penelitian LAPAN. Pusat Sains Antariksa memiliki tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan sains antariksa serta pemanfaatannya. Dan salah satu fungsinya adalah melaksanakan pembinaan teknis di bidang sains antariksa. Selain Pussainsa di Bandung ini ada juga Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA). Pusat Sains Antariksa merupakan satuan kerja LAPAN yang berada di bawah Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer. LAPAN memiliki 4 pilar /4 kompetensi utama  yaitu Sains Antariksa dan Sains Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, dan Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa. Disebutkan pula  produk teknologi seperti satelit, pesawat terbang, roket, peta bencana, pemukiman, kebakaran lahan, SWIFtS, SADEWA, dan Santanu. Di Pussainsa ini dilakukan penelitian dan pengembangan terkait aktivitas matahari, orbit satelit, geomagnet, dan lapisan ionosfer.

Kemudian pemaparan mengenai kegiatan penelitian serta pengelolaan data di Pussainsa disampaikan oleh Elyyani, S.Si. Dimulai sistem Tata surya, planet, Matahari, Asteroid, komet, hujan meteor, dilanjutkan diterangkan cara pengamatan dari Bumi

dan dari luar angkasa. Materi lebih ditekankan apa itu sunspot, flare, CME, medan magnet Bumi, serta peralatan pengamatan yang dimiliki LAPAN di seluruh lokasi stasiun pengamatan di Indonesia.

Topik utama sesuai dengan pelajaran teknik elektro yang dipelajari di sekolah, Elyyani memulai pemaparannya dengan arsitektur pengelolaan data sains antariksa, kemudian ditunjukan situs web resminya sains.lapan.go.id yang digunakan untuk pengelolaan data Pussainsa dan PSTA dengan web terpisah. Untuk pelayanan produk SWIFtS para siswa dapat membuka http://swifts.sains.lapan.go.id dan mereka dapat mempelajarinya. Juga untuk orbit satelit http://orbit.sains.lapan.go.id. Untuk aplikasi Data Center dapat diunduh dari https://bimasakti.sains.lapan.go.id yang meliputi pengolahan data pengamatan, data perekaman, data olahan, dan data yang digunakan untuk cuaca antariksa. Disebutkan juga jaringan transfer data yang digunakan di LAPAN Bandung serta pengembangan jaringan Backbone dan infrastruktur IT di LAPAN Bandung.

Usai pemaparan tersebut, diberikan pertanyaan seputar pengetahuan siswa tentang LAPAN. Mereka juga diajak untuk melihat media center SPICA (Sistem Pemantauan Informasi dan Cuaca Antariksa) dan teleskop.

 

Penulis: Jaja S./Elyyani/Iyus Edi

Dokumentasi: Deden Rizal








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL