Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


SMPK Trimulia Bandung Bersemangat Memburu Ilmu di LAPAN Bandung
Penulis Berita : • Fotografer : • 05 Mar 2018 • Dibaca : 527 x ,

Bandung(28/2/2018). SMPK Trimulia senantiasa mengunjungi LAPAN Bandung. Karena selain lokasi yang hampir berdekatan, juga para pendidiknya sangat dekat dengan Pusat Sain Antariksa (Pussainsa). Kunjungan kali ini, Rabu 28 Februari 2018 diiikuti 40 orang siswa ditambah 4 orang guru/kesiswaan. Menurut Bpk. Frengky, bagian kesiswaan yang mewakili sekolah, kunjungan kali ini merupakan kunjungan yang ke-4 kalinya. Frenky mengatakan LAPAN sebagai tetangga yang punya ilmu yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk generasi emas Indonesia. Hal itu diperkuat juga oleh Kepala Bidang Diseminasi Dr. Emanuel Sungging yang mewakili LAPAN.

Bpk. Sungging mengatakan bahwa LAPAN akan menyongsong tahun keemasan 2045 dengan membangun teleskop terbesar di Asia Tenggara. Teleskop yang rencananya akan selesai di tahun 2020 merupakan teleskop robotik karena tidak setiap saat bisa bolak-balik lokasi teleskop yang ditempatkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dimulai dengan menterjemahkan apa arti dari logo LAPAN, para siswa bisa melihat kubah teleskop yang ada di halaman belakang LAPAN Bandung hingga mengharapkan para siswa dapat memperoleh pengetahuan yang bisa dibawa pulang. 

Penyajian profil LAPAN disampaikan oleh Christine Widianingrum S.Pd yang menerangkan kedudukan, visi, misi LAPAN, dan struktur organisasinya. Dijelaskan pula legalitas, 4 kompetensi LAPAN, sebaran lokasi LAPAN dari Kototabang di timur Indonesia hingga Biak di barat Indonesia. Selain hasil litbang dan produk di Pussainsa seperti SWIFtS, diterangkan pula produk dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) seperti SEMAR, SADEWA. Ada juga beberapa produk yang dihasilkan di Pusat lain seperti pesawat LSU, LSA, N219 (Nurtanio), satelit dan roket LAPAN untuk penelitian dan pemantauan Bumi serta Zona penangkapan ikan.

Pemaparan materi Tata Surya disampaikan oleh Drs. A. Gunawan Admiranto yang memulai pemaparannya dengan benda-benda antariksa termasuk bintang. Disebutkan juga sejarah pengamatan planet-planet serta hukum-hukum yang berlaku di Tata Surya kita seperti hukum Kepler dan hukum Newton. Dibedakan pula planet terrestrial atau kebumian (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars) dengan planet jovian atau planet raksasa gas (Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus). Diterangkan pula Asteroid, Komet, Pembentukan bulan, dan Benda antariksa.

Ada beberapa pertanyaan mendasar yang muncul dari beberapa siswa seperti Tata Surya, perihelion, apelion, rotasi Bumi, gerhana Bulan, dan gerhana Matahari di mana seluruh pertanyaan dapat dijawab dan diterima oleh para siswa.

Pada akhir acara dilakukan foto bersama dan kujungan ke media center SPICA serta kubah teleskop.

 

Penulis: Iyus/Jaja/Christine

Dokumen : Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL