Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Minat yang tinggi terhadap keantariksaan menjadi alasan kunjungan SMPN 4 Kalasan, Jogyakarta ke Pusat Sains Antariksa
Penulis Berita : • Fotografer : • 21 Feb 2018 • Dibaca : 627 x ,

Bandung(15/2/2018). Pada hari Kamis, 15 Februari 2018, SMPN 4 Kalasan Jogyakarta berkunjung ke kantor Pusat Sains Antariksa, ada 126 siswa, 11 guru pendamping termasuk wali kelas dan kepala sekolah. Kepala sekolah SMPN 4 Kalasan, Desdy Sumbardiyanto MPd. membuka kunjungannya dengan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan LAPAN beserta stafnya. Kunjungan ini merupakan studi wisata yang merupakan bagian dari kegiatan sekolah. Diharapkan para siswa saat ini, kelas VIII dapat memperoleh pengetahuan tentang LAPAN dan mohon dimaafkan jika ada kesalahan anak didiknya.

Sambutan dari Pussainsa LAPAN yang diwakili oleh Kepala Bidang Diseminasi Dr. Emanuel Sungging memberikan apresiasi atas semangatnya siswa SMPN 4 Kalasan Jogyakarta dan sedikit menyinggung kepanjangan LAPAN dan tentang arti dari logo LAPAN.

Penyajian profil LAPAN disampaikan oleh Humas Pussainsa Christine Widyaningrum SPd. yang menerangkan kedudukan LAPAN berada di bawah Presiden Dijelaskan pula legalitas, 4 kompetensi utama LAPAN, hasil litbang dan produk. Disebutkan pula produk yang dihasilkan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer di Bandung. Ada juga beberapa produk yang dihasilkan di Pusat lain yang tersebar di Bogor dan Jakarta, seperti 3 satelit LAPAN A1, LAPAN A2 dan LAPAN A3 produk LAPAN bekerjasama dengan istansi lain.

Topik utama yang disampaikan adalah pemaparan materi penelitian yang disampaikan oleh Annis Siradj ST. Annis memulai pemaparan dengan Matahari sebagai pusat Tata Surya dilanjutkan perbandingan planet-planet yang ada di dalamnya. Banyak pertanyaan muncul dibandingkan paparannya, terutama dipelopori oleh para gurunya sehingga memancing anak didiknya memberanikan diri mengajukan pertanyaan. Pertanyaan tersebut seperti definisi planet, meteor, pecahan roket. Juga ditanyakan apakah Bumi merupakan satu-satunya planet untuk ditempati mahluk hidup? Tim LAPAN saling menbantu menjawab beberapa pertanyaan tersebut, sehingga semua pertanyaan dapat diselesaikan dengan diterima oleh para siswa dengan baik dan memuaskan para siswa.

Pada akhir acara dilakukan foto bersama.

 

Penulis: Iyus/Ferdhie/Cristine

Dokumentasi : hrries/Jaja








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL