Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Pengamatan Gerhana Bulan Total di Pussainsa LAPAN Bandung
Penulis Berita : • Fotografer : • 01 Feb 2018 • Dibaca : 1044 x ,

Bandung, 31/1/2018, Untuk pertama kalinya dalam tahun 2018 terjadi Gerhana Bulan Total yang bisa diamati di banyak tempat di seluruh dunia. Di LAPAN Bandung pengamatan dilaksanakan di Gedung I dengan mengambil tempat di lantai atap (rooftop). Persiapan dimulai sejak hari-hari sebelumnya terutama dalam pengaturan teleskop, binokuler, dan sebagainya untuk pengamatan bagi pengunjung dan penelitian. Bagi pengunjung disediakan 2 buah teleskop dan 1 buah binokuler yang terdapat di rooftop bawah dan 2 buah teleskop di rooftop atas.

Sebelum dilakukan pengamatan, dilakukan ceramah tentang antariksa yang dibawakan oleh peneliti madya Drs. Gunawan Admiranto. Ceramah tentang Bulan diawali dengan perubahan fase bulan, bulan baru, dan bulan purnama. Diterangkan pula periode sinodis, bulan purnama jarak terjauh terdekat, bluemoon dan sebagainya.

Pengunjung yang menghadiri pengamatan Gerhana Bulan Total di Pussainsa LAPAN Bandung yang hadir dengan mendaftar lewat telepon adalah sebanyak 83 orang dan pendaftar langsung sebanyak 101 orang tidak termasuk anak-anak, sehingga total pengunjung berjumlah lebih dari 184 orang ditambah beberapa wartawan peliput seperti Tribun Jabar, TV Edukasi, CNN dan lain-lain serta mahasiswa asing.

Acara ini dibantu paling sedikitnya 20 orang pegawai LAPAN mulai peneliti, tata usaha, dan humas. Pengamatan dihadiri juga oleh pegawai dari LAPAN Jakarta. Setelah selesai diberikan ceramah oleh Bpk. Gunawan dilakukan kegiatan melihat/mengamati gerhana secara bergiliran. Namun cuaca mendung di Bandung sehingga tidak memungkinkan mereka melihat gerhana secara sempurna.

Penulis: Iyus/Christine/Ferdi
Dokumentasi: Jaja/Haries








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL