Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Bimbingan Teknis di Kupang : Pelatihan Pengoperasian Planetarium Mobile “EKUATOR”
Penulis Berita : • Fotografer : • 18 May 2017 • Dibaca : 131 x ,

Kupang, pada tanggal 13 Mei 2017 bertempat di halaman kantor Kabupaten Kupang diselenggarakan pelatihan pengoperasian planetarium. Pelatihan ini diikuti sebanyak 10 orang peserta terdiri dari mahasiswa, alumni dan dosen Universitas Nusa Cendana (UNDANA). Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya yaitu pada bulan Agustus 2016 di Bandung bertempat di Observatorium Bosscha, ITB dan di Pusat Sains Antariksa-LAPAN. Peserta ini merupakan pembinaan kader untuk menjadi instruktur dalam mengoperasikan  planetarium mobile yang dikenal dengan sebutan Edukasi Astronomi dan Antariksa untuk Timor ( EKUATOR ). Peralatan EKUATOR ini dioperasikan  sebagai sarana edukasi publik untuk Kabupaten Kupang dan sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Observatorium Nasional di Kupang. Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Sains Antariksa yaitu Dra. Clara Yono Yatini, M.Sc. Adapun materi pelatihan disampaikan oleh peneliti Pusat Sains Antariksa yaitu Muhammad Zamzam yang dibantu oleh teknisi, Nana Suryana. Penjelasannya dimulai dari pengenalan fasilitas atau peralatan yang akan dipakai dalam planetarium sampai dengan tenda pendukung yang melindungi dome planetarium  dari sengatan terik matahari maupun hujan. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti praktik pelatihan ini. Setelah instruktur memberikan penjelasan sampai tuntas, selanjutnya para peserta mempraktikan bagaimana  planetarium disiapkan sampai dioperasikan sedemikian dapat menayangkan film-film yang disajikan dalam planetarium tersebut.

Sasaran pelatihan ini adalah peserta mahir dalam menjalankan operasional planetarium, kedepannya merekalah yang menjadi instruktur atau pemandu dalam menjalankan planetarium mobile ini. Sesuai dengan program yang disusun, keberadaan planetarium mobile di Kabupaten Kupang ini akan memberikan edukasi astronomi dan antariksa untuk masyarakat atau pelajar di wilayah Kabupaten Kupang  khususnya dan Pulau Timor pada umumnya. Sementara ini untuk program kunjungan ke sekolah-sekolah atau acara pameran dengan planetarium mobile sebagai sarana edukasi sedang disusun bersama oleh Institut Teknologi Bandung, Univesitas Nusa Cendana dan Pusat Sains Antariksa.

(Penulis : Mamat Ruhimat / Christine)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL