Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Lapan Bangun Teleskop Terbesar di Asia Tenggara
Writter : • Media : • 24 Feb 2017 • Read : 514 x ,

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Obserservatorium Nasional yang dibangun di pegunungan Timau, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan observatorium terbesar di Asia Tenggara yang dilengkapi teleskop dengan panjang 3,8 meter.

Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Clara Yono Yatini dalam sosialisasi rencana pembangunan observatorium tersebut di Amfoang Tengah, Senin (20/2), mengatakan, teleskop itu merupakan terbesar di asia tenggara.

Menurut Clara Yono Yatini, salah satu pertimbangan pemerintah pusat mengelontorkan anggaran Rp 500 miliar untuk kepentingan pembangunan observatorium di pegunungan Timau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur untuk mendorong percepatan pembangunan di wilayah timur Indonesia.

"Kehadiran Observatorium ini membuat mata dunia akan tertuju ke Kabupaten Kupang, NTT untuk itu warga di daerah ini harus mendukung rencana mega proyek ini," tegasnya.

Ia mengatakan teleskop dibangun di lokasi Observatorium Nasional di pegunungan Timau itu memiliki panjang 3,8 meter dengan menggunakan teknologi dari luar negeri yang mampu melihat secara jelas kondisi luar angkasa.

"Sedangkan teleskop milik Lapan di Observatorium di Bosca, Lembang, Jawa Barat, hanya memiliki panjang 60 sentimeter. Teleskop yang dibangun di NTT itu memiliki panjang 3,8 meter dengan kemampuan yang sangat besar," tegasnya.

Menurut dia, dengan teleskop itu akan memudahkan para peneliti dari mancanegara untuk mengali lebih banyak informasi dari langit serta antariksa. "Untuk membangun teleskop yang panjang seperti itu membutuhkan waktu tiga tahun," katanya.

Dikatakannya, salah satu pertimbangan Lapan membangun teleskop dengan panjang 3,8 meter itu akan menjadi daya tarik bagi astronom-astronom dari berbagai negara di jagat ini untuk melakukan penelitian tentang antariksa di pegunungan Timau dari segala penjuru.

"Apalagi langit di pegunungan Timau ini sangat bagus sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti datang ke NTT untuk melakukan penelitian tentang antariksa," kata dia.

Ia mengatakan, kehadiran peneliti dari berbagai negara itu menjadi daya dorongan bagi warga di Kecamatan Amfoang Tengah untuk membangun aktifitas ekonomi di daerah ini agar lebih berkembang. "Para peneliti itu akan berada di Timau selama melakukan penelitian tentang antariksa," ujar dia.

 

Sumber : Antara

Yudha Manggala P Putra

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/02/21/olprm2284-lapan-bangun-teleskop-terbesar-di-asia-tenggara

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL