Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Bimbingan Teknis Pengolahan dan Interpretasi Data Geomagnet
29 Mar 2016 • Dibaca : 1420 x ,

Pusat Sains Antariksa telah melakukan pengamatan medan magnet bumi di beberapa stasiun pengamatan di Indonesia menggunakan magnetometer, baik yang bertipe fluxgate, Proton maupun induction, dan menghasilkan data mentah yang perlu diolah/diproses dengan metode tertentu. Metode pemrosesan dan informasi yang dihasilkan bergantung kepada substansi riset yang dilakukan. Misalnya, untuk pemetaan geomagnet, informasi variasi harian, gangguan geomagnet, dan penelitian yang terkait mikropulsa.
Selain pengolahan data mentah hingga menjadi data/informasi yang siap dianalisis, metode atau cara menginterpretasikan juga diperlukan untuk mendukung suatu riset. Metode pengolahan dan interpretasi data medan magnet bumi perlu dikuasai oleh para peneliti medan magnet bumi untuk berbagai tujuan. Metode pengolahan perlu dikuasai oleh pembantu peneliti yang bertugas menyediakan data/informasi yang valid dan siap dianalisis. Metode interpretasi data perlu dipahami oleh peneliti sehingga analisisnya dapat menghasilkan kesimpulan yang benar.
Berdasarkan hal-hal yang diuraikan di atas, maka diperlukan kegiatan bimbingan teknis pengolahan dan interpretasi data medan magnet bumi. Pesertanya adalah para peneliti atau calon peneliti dan pembantu peneliti di lingkungan Pusat Sains Antariksa dan dari lembaga riset lainnya, serta dari kalangan perguruan tinggi terkait.
Tujuan bimbingan teknis ini adalah membekali para peneliti dan pembantu peneliti dalam mengolah dan menginterpretasi data geomagnet. Sasarannya adalah peningkatan kemampuan para peneliti dan pembantu peneliti dalam mengolah dan menginterpretasi data geomagnet. 

REGISTRASI CLOSED




Files Download : Poster_BimtekGeomagnet2.pdf





Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL