Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Workshop On MultiGNSS In Indonesia
28 Mar 2016 • Dibaca : 1514 x ,

GNSS (Global Navigation Satellite System) adalah sistiem navigasi berbasis satelit yang telah luas penggunaannya baik sipil maupun militer. Saat ini system ini terdiri dari GPS (Global Positioning System) milik Amerika, GLONASS Rusia, GALILEO Eropa dan COMPAS China. Pada masing system GNSS ini, konstelasi satelit terhubung dengan system di bumi seperti jaringan penerima (receiver), stasiun kontrol dan stasiun referensi serta system pendukung lainnya.

Aplikasi utama dari GNSS adalah untuk mendukung navigasi darat, laut dan udara seperti namanya. Masyarakat sipil maupun militer memanfaat GNSS ini terbagi dua yaitu pemanfaatan bidang-bidang strategis seperti isu keselamatan Negara, pertahanan Nasional, penanggulangan bencana, mendukung industry strtegis (pertanian, perikanan, perbankan, transportasi skala besar dan sebagainya) dan bidang non strategis seperti aplikasi keperluan perseorangan, hobi dan lain sebagainya. Namun demikian sistem navigasi dan penentuan posisi berbasis satelit GNSS sangat bergantung pada kondisi cuaca antariksa terutama dinamika di lapisan ionosfer karena sinyal yang di pancarkan oleh satelit navigasi harus melalui ionosfer. Tunda (delay) ionosfer adalah sumber terbesar penyebab kesalahan pengukuran posisi dengan GNSS terutama dalam kondisi ekstrim dari gangguan cuaca antariksa ionosfer, kesalahan pengukuran navigasi dan posisi cukup signifikan.

Pusat Sains Antariksa LAPAN bekerjasama dengan ISMB (Istituto Superiore Mario Boella) Italia, NAVIS Vietnam dan BELS (Building European Link toward South East Asia in the field of GNSS) Eropa akan menyelenggarakan “Workshop on Multi-GNSS in Indonesia“. Kegiatan ini akan menjadi ajang berkumpulnya expert dan praktisi GNSS di seluruh Indonesia dan juga sebagai sarana meningkatkan pengetahuan tentang aplikasi GNSS serta pengetahuan dampak cuaca antariksa terhadap GNSS. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dasar para pengguna multi-GNSS tentang kaitan pada aspek cuaca antariksa, aplikasi GNSS pada sector industry strategis guna mengoptimalkan kinerja dan tugas yang diemban sehingga dapat memberikan kontribusi positif baik bagi lingkungan instansi maupun masyarakat pada umumnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi alamat pussainsa.sains.lapan.go.id/multignss2016









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL