Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PENELITI PUSSAINSA PRESENTASIKAN HASIL MAGANG RISET
News Writter : • Photographers : • 30 Jan 2015 • Read : 2372 x ,

Bandung-Pussainsa (28/01/2015). Selasa, 27 Januari 2015 bertempat di R. Rapat Dirgantara pukul 14.00 WIB diadakan Kolokium dipandu oleh Drs. Mamat Ruhimat, M.Si dan dihadiri oleh kurang lebih 30 orang peneliti, perekayasa dan litkayasa dari Pusat Sains Antariksa. Kegiatan ini sangat penting dan biasanya berlangsung secara berkala. “Dengan adanya kolokium diharapkan para peneliti, perekayasa dan litkayasa dapat meningkatkan kemampuannya terutama di bidangnya masing-masing” papar Mamat Ruhimat, selaku Koordinator Ilmiah di Pussainsa.

 

Pemateri berasal dari bidang Ionosfer dan Telekomunikasi (Iontelkom). Presentasi yang pertama oleh Asnawi, M.Si dan Varuliantor Dear, ST yang mempresentasikan kegiatannya selama mengikuti magang riset di IPS Radio and Space Service, Australia pada tanggal 6 s/d 14 Desember 2014 dengan judul presentasi “IPS Radio and Space Services Ionospheric Modelling and Its Aplications for HF Radio Communication” yaitu tentang peningkatan kompetensi sumber daya manusia pada bidang penelitian Ionosfer dan komunikasi radio HF dengan pelatihan software ASAPS dan diskusi TEC dan S4 Mapping. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Lapan dapat memberikan layanan konsultasi penggunaan ASAPS kepada institusi Pemerintah Daerah (PEMDA) dan Badan SAR Nasional (BASARNAS), serta institusi lain yang masih memanfaatkan komunikasi radio HF untuk kegiatan rutin. Selain itu konsultasi yang lebih rinci dapat diberikan kepada institusi TNI dan POLRI serta Kemenkominfo untuk perencanaan dan perijinan dalam penggunaan alokasi frekuensi.

 

Selanjutnya presentasi yang kedua oleh Slamet Supriadi, S.Si yang memaparkan kegiatannya juga selama mengikuti magang riset di Electronic Navigation Research Institue (ENRI), Jepang pada tanggal 6 Oktober s/d 30 November 2014 dengan judul “Simulation Ionospheric Threat Mitigation on Navigation” tentang bagaimana simulasi dan mitigasi gangguan ionosfer terhadap navigasi penerbangan. Kemudian, diadakan diskusi dan tanya jawab antar para peneliti, perekayasa dan litkayasa.

(Penulis : Christine/Sucipto-Diupload oleh ; Syahril pada tanggal 30/01/15)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL