Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Peran serta Lapan terhadap Ilmu Pengetahuan Astronomi di Planetarium dan Observatorium Jakarta
Penulis Berita : Humas Pussainsa • Fotografer : • 10 Sep 2014 • Dibaca : 4626 x ,

Pertemuan kali ini yang ke 16 dari total agenda 22 pertemuan sepanjang Tahun 2014, dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 September 2014 pukul 16.00 Wib, yang bertempat di Ruang Pertemuan Lt 2 Planetarium dan Observatorium dan Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta, Jln. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat.

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta  mengundang Kepala Pusat Sains Antariksa – Lapan Dra. Clara Y. Yatini, M.Sc sebagai narasumber untuk mengisi presentasi kali ini. Sedangkan dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya para peneliti Bidang Matahari dan Antariksa (Matsa) Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) diantaranya Drs. Gunawan Admiranto, Emmanuel Sungging M.Si dan Abd Rachman, M.Si telah mengisi acara tersebut  bahkan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional – LAPAN Prof. DR. T. Djamaluddin juga pernah mengisi presentasi tentang astronomi yang diadakan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) ini.  

Pembukaan oleh Koordinator Penelitian dan Pengembangan HAAJ, Muhammad Rayhan, dalam pembukaannya menyampaikan selamat datang di pertemuan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta sesuai jadwal yang direncanakan. Yang terakhir tanggal 23 Agustus 2014 di tempat sama dari JAXA yang menyampaikan tentang Astrofisika dan astronomi dasar seputar Matahari, Bumi dan Planet-planet lainnya. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang astronomi secara teknis dan mendalam maka untuk kali ini diisi secara spesial langsung dari ahlinya yaitu dengan tema ”Mengenal Cuaca Antariksa” atau Space Weather. Pada kesempatan kali ini diperkenalkan juga tentang Lapan, jika di Amerika ada NASSA maka di Indonesia tentunya ada LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Peserta yang hadir ada sekitar 99 orang yaitu dari kalangan masyarakat Profesional, Mahasiswa, Siswa Sekolah Menengah Umum, dan Sekolah Tingkat Lanjutan Pertama.

Planetarium selain sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan juga sebagai tempat rekreasi atau wisata edukasi di pusat kota Jakarta, bukan sekedar secara kebetulan tetapi sudah menjadi pemikiran yang strategis, bahwa masyarakat diajak menjelajah alam semesta untuk mengagumi kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Dan diharapkan pada masa yang akan datang, masyarakat sekolah dan masyarakat umum dapat lebih terinovasi dalam IPTEK ke-antariksa-an sekaligus membangun pandangan terhadap jagad raya secara menyeluruh. Sesuai dengan Visinya yaitu Terwujudnya Planetarium dan Observatorium sebagai Sarana Pendidikan dan Wisata Ilmiah atau Edutainment yang menarik, menakjubkan dan mencerdaskan.

Selanjutnya pemaparan materi dari Dra. Clara Y. Yatini, M.Sc, dengan judul presentasi “Mengenal Cuaca Antariksa ” sebagaimana kita ketahui sehari-hari bahwa kedekatan kita terhadap matahari begitu pentingnya, bukan hanya matahari itu terbit dan tenggelam dan  bukan hanya panas saja kemudian tumbuh-tumbuhan hidup karena matahari, tetapi banyak manfaat dari efek matahari ini.

Sebagai penutup pertemuan semoga apa yang disampaikan tadi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita tentang astronomi dan semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamin Ya Robbal’alamin

(Humas Pussainsa : JS/Scpto  diupload oleh ss_aye pada tanggal 10/09/2014) 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL