Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PUSSAINSA MENGADAKAN SOSIALISASI SISTEM PENGAMATAN CUACA ANTARIKSA TERPADU
Penulis Berita : Humas Pussainsa • Fotografer : • 24 Oct 2014 • Dibaca : 3683 x ,

Salah satu caranya dengan mengadakan  Sosialisasi Sistem Cuaca Antariksa Terpadu  untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan  pengamatan Sistem Cuaca Antariksa  terpadu

Hal demikian dilakukan oleh  Bidang Teknologi Pengamatan ( Tekmat)  dan didukung oleh Bidang – bidang di lingkungan Pusat Sains Antariksa  LAPAN Bandung.

Acara Sosialisasi  tersebut dilakukan pada hari  Rabu  22 Oktober  2014 pukul 08.00 s.d. 15.00. di Ruang Auditorium Gedung I LT 3 , peserta  yang hadir dalam  kegiatan ini  berjumlah 53 orang terdiri dari   Lapan Sendiri  dan  Instansi terkait seperti  BMKG, PPGL, Basranas, Bappeten, Angkasa Pura, TNI AU, LPD Sumedang,BPD Pontianak, BPD Watukosek,  BPPR Pameungpek,  Dislitbang TNI –AU,Mahasiswa  Politeknik  Pos Indonesia, Universitas Telkom dll  .

Kegiatan  Sosialisasi ini  merupakan salah satu  rangkaian kegiatan Bidang  Teknologi Pengamatan ( Tekmat )  Pusat Sains Antariksa. Adapun maksud dari  Kegiatan  tersebut  untuk meningkatkan pemahaman  tentang sistem pengamamatan  dan informasi Cuaca Antariksa  terpadu yang dimiliki  lapan  serta dapat  memudahkan pengguna data dalam mengakses data dan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan penelitian.

Acara  Sosialisasi ini  dibuka  secara resmi  oleh  Drs Jiyo, M Si  Kepala Bidang Geomagnet dan Magnet Antariksa , yang mewakili  Kepala Pusat Sains Antariksa  yang sedang tugas  luar , beliau mengatakan  selamat datang  di Lapan , sangat bangga dan menyampaikan rasa terima kasih  bisa   datang  pada acara ini ke kantor LAPAN. “Kami berharap dengan adanya acara  seperti ini Bapak dan Ibu  akan  mendapatkan tambahan ilmu, wawasam, pengalaman bahkan terpacu motivasi dan semangat  untuk  belajar  dan bekerja..

 Kami berharap  kegiatan seperti  ini bisa memberi manfaat bagi  Bapak / ibu semua  khususnya dan bagi pihak Lapan  pada umumnya. Atas nama pimpinan kami mengucapkan terima kasih atas kehadirannya ke kantor kami. Insya Allah, kami akan berupaya memberikan yang terbaik dalam kegiatan ini ”, ungkap  Drs Jiyo, M Si

Setelah acara seremonial yang diakhiri dengan sesi photo bersama  dengan peserta dan pejabat struktural dilingkungan Lapan bandung

Berikutnya pemaparan tentang materi  Sosialisasi sistem pengamatan cuaca antariksa terpadu yaitu : sesi pertama tentang “ Sistem Pengamatan Matahari,Benda Jatuh Antariksa  oleh peneliti Pusat Sains Antariksa Emanuel Sungging M, M Si ;  Materi kedua tentang ” Sistem Pengamatan Dinamika Ionosfer  oleh Asnawi, M Si, Kepala Bidang Ionosfer dan Telekomunikasi ; Materi ketiga  tentang “ Observasi Geomagnet  oleh Setyanto Cahyo  Pranoto, M Si ,Peneliti Bidang Geomagnet dan Magnet Antariksa ( dipandu oleh Moderator Drs. Mamat Ruhimat, MSi )   Pada Sesi  ke II   Presentasi materi ke 4  tentang  Pengembangan  Instrumentasi Pengamatan Antariksa  disampaikan oleh Ir Timbul Manik, M Eng ,Peneliti Bidang Teknologi Pengamatan ( Tekmat ) ; Materi ke 5  tentang  Jaringan Lokal dan Jaringan Transfer Data disampaikan oleh “ Rizal Suryana, ST  Peneliti Bidang Teknologi Pengamatan ; dan Pemateri ke 6 Terakhir  tentang “ Layanan Data dan Sistem Aplikasi Basis Data  disampaikan oleh Elyyani, S Si  Peneliti Bidang g Teknologi Pengamatan ( Tekmat )

Selesai  pemaparan materi dilanjutkan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh  Moderator dan Narasumber,  dalam diskusi tersebut para peserta  sangat antusias   untuk bertanya hal-hal yang berkaitan dengan penelitian cuaca antariksa.

Acara diskusi selesai dan dilanjutkan penutupan secara resmi oleh  Kepala Bidang  Teknologi  Pengamatan ( Tekmat) Dr Teguh Harjana, M Si.

 (Humas Pussainsa /Scpt ,Kristin/ JS – diupload oleh ss_aye ; pada tanggal 24/10/2014) 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL