Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


KELOMPOK PENELITIAN IONOSFER
Komunikasi HF adalah komunikasi menggunakan gelombang radio dengan spectrum frekuensi 3 - 30 MHz atau lebih diKomunikasi HF adalah komunikasi menggunakan gelombang radio dengan spectrum frekuensi 3 - 30 MHz atau lebih dikenal ssebagai kanal gelombang pendek (SW)
Komunikasi HF dapat menjangkau jarak yang jauh, melewati permukaan bumi tinggi seperti gunung, gedung tinggi, dan lautan. Sifat perambatannya bisa dipantulkan oleh lapisan ionosfer jika ke angkasa dan dipantulkan oleh tanah jika ke permukaan bumi sedemikian sehingga gelombang tersebut dipantulkan ke arah tujuan komunikasi yang jauh jaraknya. Oleh karena itu, selain informasi prediksi frekuensi HF, diberikan juga informasi mengenai arah antena serta sudut evelasi antena. 
Prediksi frekuensi komunikasi HF dibuat menggunakan perangkat lunak ASAPS, berdasarkan hasil penelitian yang cukup lama, minimal 1 siklus matahari (11 tahun). Namun demikian prediksi adalah perkiraan atau pendekatan menggunakan model yang masih mengandung kesalahan.
Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, harapan kami prediksi ini bisa membantu memberikan tambahan informasi kepada pengguna komunikasi HF sehingga dapat meningkatkan efektivitas kerjanya.


Ionosphere & Propagation ...Klik Disini

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL