Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS ANTARIKSA 2017


Segala puji dan syukur bagi Tuhan YME yang telah memberikan berkat dan rahmat-Nya sehingga kegiatan Seminar Nasional Sains Antariksa (SNSA) 2017 pada tanggal 22 November 2017 bertempat di Auditorium Pusat Sains Antariksa, LAPAN, Jl. Dr. Djundjunan 133 Bandung dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Tujuan dari seminar ini adalah meningkatkan peran sains antariksa untuk mendukung pembangunan nasional menuju Indonesia yang maju dan mandiri.

Seminar Nasional Sains Antariksa (SNSA) merupakan acara tahunan dan rangkaian acara Ulang Tahun LAPAN yang ke-55. Snsa 2017 ini mengusung tema “Sains Antariksa untuk Indonesia maju dan mandiri”. Seminar ini diharapkan dapat berkontribusi pada percepatan pembangunan nasional sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri, maju dan kuat di bidang sains dan tekonologi keantariksaan sebagai implementasi dari Undang-Undang RI No.21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan.

Adapun topik seminar ini meliputi Astronomi dan Astrofisika, Dinamika Lingkungan Antariksa (meliputi Matahari, Magnetosfer, Ionosfer, dan Benda Jatuh Antariksa), Dampak Cuaca Antariksa terhadap Lingkungan bumi, Cuaca Antariksa untuk telekomunikasi dan navigasi, Interaksi Antariksa-Atmosfer, Interaksi Magnetosfer-Ionosfer-Litosfer, Pengembangan Sistem dan Teknologi Pemantauan Antariksa, Pemodelan dan aplikasi sains antariksa, serta Sistem Informasi dan Pengelolaan Data cuaca antariksa.

Dalam seminar ini dipresentasikan lebih dari 30 judul makalah yang terdiri atas makalah oral dan makalah poster. Tidak kurang dari 80 peserta non-pemakalah turut hadir dalam seminar ini. Peserta SNSA 2017 berasal dari berbagai instansi, di antaranya lembaga penelitian dan pengembangan (LAPAN, BMKG, LIPI, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, Mathla Astro Club) serta perguruan tinggi (ITB, UPI, UNPAD, ITS, ITERA, UNJANI, STMKG, UIN Sunan Gunung Djati, Politeknik Caltex Riau, UNIKOM, Universitas Telkom). Sebagian besar pemakalah telah mengirimkan makalah lengkap yang selanjutnya dibaca dan ditelaah oleh sejumlah penelaah (reviewer) sesuai bidangnya. Setelah melewati proses telaah dan juga seleksi, terpilih 24 makalah yang diterbitkan dalam Prosiding Seminar Nasional Sains Antariksa (SNSA) 2017. Semoga pengetahuan yang terangkum dalam prosiding ini menjadi bagian dari percepatan pengembangan sains antariksa di Indonesia.

Tim Penyunting SNSA 2017

Berikut adalah tautan prosiding SNSA 2017 :

Tautan Prosiding SNSA 2017

Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL