Berita

Layanan Informasi

Lapan @ Media


Ionosfer dan Telekomunikasi

Bidang Ionosfer dan Telekomunikasi, Pusat Sains Antariksa-LAPAN, melakukan penelitian kondisi ionosfer regional Indonesia, model prediksi frekuensi komunikasi, buletin komunikasi radio,dan lain-lain.

Kondisi Ionosfer Regional Indonesia

Peta ionosfer regional Indonesia yang ditampilkan dalam website ini merupakan hasil keluaran dari model sederhana ionosfer lintang rendah Indonesia (MSILRI) yang terdiri dari peta frekuensi kritis lapisan F2 ionosfer (foF2), faktor propagasi gelombang radio HF pada jarak 3000 km (M(3000)F2), dan gradien lintang total electron content (GradTEC) diatas wilayah Indonesia dan sekitarnya.

MSILRI merupakan modifikasi dari SIRM (Simplified Ionospheric Regional Model) yang awalnya dikembangkan untuk pemodelan karakteristik ionosfer yang paling cocok di atas Eropa untuk keperluan komunikasi radio. Modifikasi SIRM menjadi MSILRI agar cocok untuk peta ionosfer regional Indonesia (Buldan, dkk).

Prediksi Peta foF2 ionosfer

Frekuensi kritis lapisan F2 ionosfer (foF2) adalah frekuensi tertinggi dari gelombang radio HF yang masih dapat dipantulkan oleh ionosfer dalam arah propagasi vertikal. Peta foF2 regional Indonesia secara langsung dapat digunakan sebagai pedoman operasional komunikasi NVIS yaitu komunikasi HF jarak dekat (kurang dari 500 km) dengan arah propagasi mendekati vertikal.

Peta prediksi foF2 menyertakan pula nilai rata-rata tiap bulan dari bilangan sunspot dalam satu tahun. Nilai rata-rata bilangan sunspot tiap bulan dilambangkan dengan R12, kemudian nilainya adalah angka yang tertera pada lambang tersebut. Misalnya, R12 = 3.3, nilai rata-rata bilangan sunspot tiap bulannya adalah 3,3. Selain itu, disertakan pula bulan dan jam pada peta prediksi foF2.

Koordinat peta prediksi foF2 Indonesia terdiria atas dua sumbu, yaitu sumbu-x (Bujur) untuk bujur geografi Indonesia dan sumbu-y (Lintang) untuk lintang geografi Indonesia. Di peta prediksi foF2 Indonesia, terdapat pula lokasi-lokasi kota-kota di Indonesia. Misalnya, Pont mewakili kota Pontianak.

Warna-warna yang tertera di dalam peta prediksi frekuensi foF2 merupakan nilai dari foF2 dalam satuan megahertz (MHz). Setiap warna mewakili nilai-nilai foF2 seperti yang ditunjukkan oleh kotak gradasi warna. Kemudian, angka-angka yang tertera di dalam peta juga merupakan nilai foF2 batas antara dua wilayah ionosfer yang mempunyai perbedaan nilai foF2. Misalnya, 5.5 yang berarti nilai foF2 di batas antara dua wilayah ionosfer berbeda nilai foF2 tersebut bernilai 5,5 MHz.
 

Informasi lebih Lanjut Hubungi
Dr. Buldan Muslim
buldan@bdg.lapan.go.id


Kontak kami :
LAPAN
Jl. DR. Djundjunan 133 Bandung 40173 Indonesia
Telp. (022)6012602 Fax.(022)6014998.
Email. pussainsa@lapan.go.id




© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL